Wan Siswandi Hadiri Rapat Pleno TPKAD Semester II

Share:

NATUNA – Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Wan Siswandi, S. Sos menghadiri acara Rapat Pleno TPAKD Semester II tentang Sosialisasi Penerbitan Obligasi Daerah, d Ruang Rapat Utama Lantai 4 Kantor Gubernur Kepulauan Riau – Pulau Dompak Tanjung Pinang – Kepulauan Riau, senin (11/12) siang.

Sambutan Gubernur Kepri dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah DR. H. TS Arif Fadillah, S. Sos, M. Si mengatakan bahwa Obligasi Daerah harus dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan daerah guna membangun daerah, dalam pembangunan daerah harus melalui banyak pertimbangan fan perbandingan agar dapat dilakukan secara efesiensi dalam hal anggaran.

Namun, nantinya akan perlu diadakan rapat susulan yang lebih serius lagi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah, agar adanya pola kerjasama yang baik mengingat instrumen investasi ini memiliki sejumlah resiko apabila pemerintah suatu daerah tidak memiliki kapabilitas yang mampu dalam pengelolaan.

Selanjutnya, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2B OJK, Djustini Septiana, menyampaikan paparannya Bahwa Obligasi Daerah ( Municiple Bond) sudah banyak di gunakan sebagai sumber pendanaan pembangunan sarana dan prasarana publik di Philipina, vietnam, india, afrika selatan dan amerika serikat, dan saat ini belum ada pemda/ pemkab/ pemkot yang telah menerbitkan obligasi daerah itu karna pemahaman para pihak yang terkait masih kurang.

Adapun persiapan Otoritas Jasa Keuangan (ojk) Daerah adalah Kepala Daerah Membentuk tim persiapan, tim persiapan menetukan kegiatan dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, dalam rangka penerbitan obligasi daerah dan selanjutnya Kepala Daerah meminta persetujuan DPRD.

Turut hadir dalam acara tersebut OPD terkait, Vertikal dan Tim dari OJK.

Penulis : Imam

Wan Siswandi Hadiri Rapat Pleno TPKAD Semester II | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya