Connect with us

485 Pekerja Rentan Pulau Penyengat Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Tanjungpinang

485 Pekerja Rentan Pulau Penyengat Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Tanjungpinang –  Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan. Acara itu berlangsung di Balai Desa Pulau Penyengat.

Sebanyak 485 pekerja renta di Pulau Penyengat mendapat perlindungan jaminan sosial melalui kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi warga yang kondisi kerjanya beresiko.

“Ini program untuk membantu masyarakat yang menghadapi permasalahan sosial, bukan mencari keuntungan, bapak/ibu hanya membayar iuran perorang sebesar Rp. 16.800/bulan,” terang Lis kepada warga, Sabtu (4/12) pagi tadi.

Lebih lanjut Lis menjelaskan, kartu BPJS yang diberikan kepada pekerja rentan seperti, penambang pompong, becak motor, nelayan dan lainnya sudah di tanggung iurannya selama dua bulan, selanjutnya bapak/ibu bisa menyisihkan penghasilannya untuk membayar iuran selanjutnya.

” Pembayaran jangan sampai putus, ini sangat besar manfaatnya, jikalau bapak/ibu mengalami kecelakaan atau meninggal dunia, nanti akan diberikan sntunan,” pungkas Lis.

Sebelumnya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Jeffri Iswanto, menuturkan bahwa gerakan ini guna melayani seluruh pekerja di Indonesia beserta keluarganya untuk melindungi apabila terjadi resiko kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

Dijelaskannya, BPJS Ketenagakerjaan hanya menerima dalam bentuk data tenaga kerja yang dibantu dua bulan pembayaran iurannya, sehingga nantinya tidak ada lagi catatan penambahan dari BPS tentang kemiskinan.

“Bila terjadi kecelakaan atau meninggal dunia, maka pihaknya bisa langsung membayar kepada korban atau keluarganya sesuai dengan yang didaftarkan oleh pemerintah daerah,” katanya

Acara turut dihadiri oleh Kapala Dinas Kesehatan, Rustam, Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Sucipto, Camat Tanjungpinang Kota, Lurah Penyengat, serta warga penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan di Pulau Penyengat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top