Connect with us

Alhamdulillah, Dewan Pers Melakukan Verifikasi Faktual Media Online Dan Tabloid Suara Kepri

Tanjungpinang

Alhamdulillah, Dewan Pers Melakukan Verifikasi Faktual Media Online Dan Tabloid Suara Kepri

Tanjungpinang, SuaraKepri.com – Akhirnya Dewan Pers melakukan verifikasi faktual Media Online dan Tabloid Suara Kepri, dibawah payung perusahaan Perseroan Terbatas (PT) Suara Kepri Mandiri, pada hari Jumat (01/10), pukul 11.00 Wib, di alamat Redaksi Jalan MT. Haryono, Lorong Cemara, No. 18.

Staff Ahli Dewan Pers, Marah Sakti Siregar saat melakukan verifikasi faktual media online dan tabloid Suara Kepri

Dewan Pers melakukan verifikasi faktual ini diwakili oleh Tenaga Ahli Dewan Pers, Marah Sakti Siregar didampingi Staf Dewan Pers, Fajar.

Hampir selama sejam, perwakilan Dewan Pers ini mengecek langsung keaslian berkas PT. Suara Kepri Mandiri, kantor dan perlengkapan peralatan medianya.

Staf Ahli Dewan Pers, Marah Sakti Siregar mengatakan bahwa ratifikasi atau verifikasi faktual ini merupakan bagian aturan atau ketentuan yang dilakukan oleh dewan pers.

“Setelah lulus verifikasi administrasi, maka media tersebut wajib dilakukan verifikasi faktual, agar data sesuai dengan fakta dan aktual langsung,” ujarnya.

Dia juga berpesan agar dalam menjalankan tugas-tugas keredaksian, wartawan harus selalu menjadikan kode etik sebagai pedoman untuk menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

“Setelah reformasi, ledakan pertumbuhan media cukup besar. Ada juga produk-produk media yang bukan media pers, selain kelayakan perusahan pers harus layak dan memberikan jaminan kesejahteraan bagi wartawannya,” tegasnya.

Penanggung Jawab sekaligus owner PT. Suara Kepri Mandiri, Mori Guspian sangat menyambut baik adanya verifikasi faktual yang dilakukan oleh Dewan Pers.

“Alhamdulillah, kita telah dapat dilakukan verifikasi faktual dari Dewan Pers. Ini sangat penting, dimana Dewan Pers merupakan lembaga negara yang dipercaya dan dibentuk berdasarkan Undang-undang (UU) Pers No. 40 tahun 1999,” ungkap Mori, didampingi beberapa staff redaksi dan manajemen serta Ombudsman PT. Suara Kepri Mandiri, Mawardi Cagau.

Penulis : Rian

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top