Connect with us

SuaraKepri.com

Anggota DPRD Natuna Ikut Pantau Turun Naik Penumpang KM. Bukit Raya

Natuna

Anggota DPRD Natuna Ikut Pantau Turun Naik Penumpang KM. Bukit Raya

Natuna, suarakepri.com – DPRD Natuna melakukan pemantauan terhadap penumpang yang baru turun dari KM. Bukit Raya di Pelabuhan Selat Lampa, Minggu, (29/3/2020) malam.

Pemantauan dilakukan bersama dengan pihak Polres Natuna, TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan dan Pemuda Pancasila dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi.

Proses pengecekan kali ini memang lebih teliti, selain di cek suhu tubuhnya penumpang yang turun juga dilakukan penyemprotan disinfektan yang biasanya hanya dilakukan di tangga turun dan naik kali ini dilakukan penyemprotan ke tubuh penumpang serta pendataan oleh petugas.

Tanpak hadir juga anggota DPRD, Erwan Haryadi ikut menyaksikan pengecekan terhadap penumpang, sementara itu penumpang satu-satu melaopor ke meja petugas untuk mencatat nama, jenis kelamin, alamat, riwayat perjalanan dan no handphone.

Sekretaris Komisi I DPRD Natuna, Husin mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Dserah bekerjasama dengan unsur TNI Polri dan Organisasi Masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Natuna.

“Saya rasa proses malam ini sudah cukup bagus, namun ada beberapa hal yang mesti dievaluasi seperti mungkin meja petugasnya kedepan harus di diperbanyak untuk menghindari penumpukan orang,” ujar Husin.

Selanjutnya Husin juga meminta, kepada Satgas Gugus untuk lebih memaksimalkan lagi pengawasan di pelabuhan dan bandara karena jalur masuk itulah yang dicurigai menjadi jalur masuk peredaran Covid-19 dari luar daerah.

“Mengingat posisi Natuna ada di tengah-tengah antara Kalimantan Barat dan Tanjungpinang dimana kedua daerah ini sudah ditemukan kasus positif Covid-19, maka sudah sewajarnya kita tingkatkan kewaspadaan,” terang Husin.

Selain itu juga Husin meminta pengawasan juga dilakukan sampai ke tingkat kecamatan dan melibatkan semua unsur yang ada di kecamatan serta mengantisipasi langkah-langkah yang akan diambil apabila ditemukan kasus di kecamatan-kecamatan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi geografis kita merupakan daerah kepulauan, jadi harusnya kita juga mengantisipasi dan melakukan perencanaan langkah-langkah yang akan diambil apabila sudah ditemukan kasus, tentunya jalur satu-satunya adalah laut,” ungkap Husin.

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah menyampaikan bahwa pengawasan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dini penyebaran Civid -19 di Kabupaten Natuna, sepakat dengan apa yang disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Natuna tadi bahwa letak Natuna yang berada diantara dua wilayah yang sudah ada kasus Covid-19 perlu perhatian serius.

“Kita terus mengantisipasi penyebaran dengan melakukan pengawasan kepada penumpang yang baru datang, terutama sari daerah daerah terinvesi seperti Batam dan Tanjungpinang, walaupun Tanjungpinang menurut informasi dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang tidak ditemukan penularan setempat masih bersipat kasus impor jari diangap masih belum daerah merah, namun kita harus tetap waspada,” ujar Hikmat.

Hikmat juga meminta untuk penumpang yang baru datang di Natuna khususnya dari daerah-daerah terpapar untuk melakukan karantina mandiri di rumah.

“Mereka yang sudah kita cek walaupun dari gejala awal tidak dicurigai sebagai karier (pembawa) virus, tetap kami sarankan untuk melakukan karantina mandiri dirumah 14 hari jangan keluar dari rumah, minimalkan berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan apalagi dengan masyarakat,” pesan Hikmat.

Selain itu juga untuk menjaga kondisi tubuh, Hikmat menyarankan untuk berjemur diterik matahari dan keluar hanya sekitar rumah tidak berinteraksi dengan orang luar.

“Saya harapkan komitmen dari semuanya karena tidak mungkin kita mengawasi satu per satu, mari kita sama-sama bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terangnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan satu Orang Dengan Pemantauan (ODP). (Tim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top