Connect with us

Belum Dilantiknya Direktur PDAM Tirta Kepri Definitif, Diduga Dipolitisir

Tanjungpinang

Belum Dilantiknya Direktur PDAM Tirta Kepri Definitif, Diduga Dipolitisir

Tanjungpinang, SuaraKepri.com – Belum dilantiknya Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, diduga bermuatan politik. Meski telah ditetapkannya salah satu dari tiga calon yang ada dan ditandatangani oleh Sekda Kepri, TS Arif Fadillah atas nama Mamat, S.Sos, hingga kini tak kunjung dilantik.

Mantan Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Kepri, Yudi Carsana juga turut heran dalam hal ini. Ia juga tidak menampik adanya dugaan unsur muatan politik hingga belum dilantiknya Direktur definitif.

“Kita juga heran, kenapa hingga kini belum juga dilantik. Padahal Pelaksana Tugas (Plt) Direktur sekarang sudah kadaluarsa atau sudah habis waktunya,” ujarnya ketika menghubungi redaksi Suara Kepri melalui aplikasi WhatsApp, belum lama ini.

Ia secara tegas mengatakan, bahwa SK Plt Direktur seharusnya diperbarui dan pejabat yang ditunjuk orang yang tidak menjabat di internal PDAM, sehingga tidak ada lagi merangkap jabatan.

Untuk diketahui, saat ini Syamsul Bahrum selaku Asisten II Gubernur Kepri, diinformasikan telah merangkap juga sebagai Dewan Pengawas selain Plt Direktur.

Sehingga penunjukan itu tidak bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017.

“Dengan adanya polimik berkepanjangan dalam penentuan Direktur definitif, manajemen di tubuh PDAM telah amburadul sepeninggalan Abdul Kholiq, Direktur lama. Bagaimana pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan baik, bila manajemen dan operasional internal PDAM belum sehat,” tegasnya.

Berdasarkan pengakuan Yudi sendiri, ia juga mendapat informasi bahwa Mamat yang terpilih sebagai Direktur definitif merupakan bagian dari timses Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun yang kini diproses oleh KPK.

“Tetapi, karena adanya bisik-bisik terkait Mamat ini, yang sebelumnya menjabat Kepala PDAM Tirta Kepri Tanjung Uban, kinerjanya cukup dipertanyakan, makanya tidak kunjung dilantik,” begitulah disampaikan Yudi Carsana, berdasarkan informasi yang diperolehnya.

Ia hanya berharap, dari sekelumit permasalahan Direktur definitif ini tidak mempengaruhi manajemen PDAM.

“Kita berharap PDAM Tirta Kepri segera memiliki direktur definitif yang dapat menentukan arah kebijakan dan operasional agar pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top