Connect with us

Belum Miliki Dermaga, Basarnas Natuna Minta Dukungan Pemerintah Daerah

Natuna

Belum Miliki Dermaga, Basarnas Natuna Minta Dukungan Pemerintah Daerah

Natuna, SuaraKepri.com – Basarnas Natuna dalam waktu dekat akan menyurati Pemerintah Daerah Natuna terkait permintaan hibah lahan untuk pembangunan Dermaga/ tempat sandar kapal Basarnas Natuna.

“Dalam waktu dekat kita akan Surati Bupati Kab Natuna,” ujar Kepala Basarnas Natuna Mexi Bekabel kepas suarakepri.com saat uji coba KN. SAR Sasikirana beberapa hari yang lalu.

Mexi Bekabel menjelaskan, Dermaga atau tempat sandaran Kapal ini sangat dibutuhkan oleh Basarnas, apalagi saat ini Basarnas Natuna sudah memiliki KN. SAR 245 Sasikirana yang berukuran 40 Meter. KN. SAR Sasikirana, Rigid imflatable boat (RIB) Pjg 9 meter 400 pk dan Rigid Imflatable Boat (RIB) pjg 11.5 meter 500 pk.

“Saat ini kita masih numpang di pelabuhan Tanjung Payung Penagi untuk sandar kapal (KN. SAR 245 Sasikirana, Rib pjg 9 meter 400 pk dan Rib pjg 11.5 meter 500 pk-Red),” tambahnya.

Permintaan hibah lahan untuk pembangunan Dermaga atau tempat sandar Kapal ini menurut Mexi bukan tanpa alasan. Ia menjelaskan suatu saat aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Tanjung Payung Penagi pasti padat. Sehingga akan mempersulit keluar masuk kapal KN. SAR SASIKIRANA

“Kita kerja harus cepat, tepat dan aman karena ini menyangkut nyawa manusia. Jadi saat ada informasi urgen, Basarnas harus sigap dan cepat dalam memberikan pertolongan,” jelasnya.

“Nanti jika aktivitas bongkar muat padat, pasti akan mempersulit Kapal Basarnas dalam bergerak. Jadi Dermaga itu sangat Vital bagi SAR,” tambahnya lagi.

Mexi berharap, setelah surat permintaan hibah lahan dibuat dan sampai kepada pimpinan daerah Natuna. Nanti akan ada respon positif dari pemerintah daerah dalam mendukung Basarnas Natuna.

“Tinggal keputusan dari pemerintah daerah,” ungkapnya

Lanjut Mexi, Jika nanti pemerintah daerah menyetujui permintaan Basarnas Natuna, maka ia akan langsung menyurati Basarnas Pusat untuk anggaran pembangunan Dermaga atau tempat sandar Kapal tersebut.

“Jika sudah ada respon positif, maka tahun depan bisa di anggarankan,” tutupnya.

Pantauan media suarakepri.com di pelabuhan Tanjung Payung Penagi. Kapal Basarnas KN. SAR Sasikirana 245
yang mempunyai berbobot 200 tonase dengan panjang 40 meter, Kafasitas 300 GT sandar di ujung jalur kanan Pelabuhan berhadapan dengan Kapal MV. Indra Perkasa milik Pemerintah Daerah Natuna.

Laporan : M. ROZALI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top