banner 728x250

Disdagprin Bengkalis Ikut Promo Produk Unggulan Khas Makanan Kuliner di Batam Expo 2021

  • Share

BATAM, SuaraKepri.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Bengkalis mengikuti pelaksanaan kegiatan pameran produk unggulan Kabupaten Bengkalis di Batam Kepulauan Riau, pada tanggal 31 Maret – 5 April 2021 lalu.

Stand Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis hadir dalam berpartisipasi pada Batam Expo gelar 2021 produk unggulan UMKM di Nagoya Hill Shopping Mall, Batam – Kepulauan Riau.

banner 336x280

Pameran Batam Expo 2021 ini yakni, berbagai macam produk yang ditampilkan, pelayanan terhadap pengunjung stand, antusiasme pengunjung terhadap produk yang ditampilkan, kerapian dan kebersihan serta dekorasi stand.

Kadis Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Bengkalis H.Indra Gunawan menjelaskan, selama pameran, stand Kabupaten Bengkalis memang jadi favorit pengunjung maupun peserta pameran lainnya.

“Hal ini karena stand Bengkalis didesign dengan nuansa khas Melayu seperti ornamen selembayung dan perpaduan warna warni yang sangat kontras diiringi dengan produk makanan khas Melayu Bengkalis,” kata Indra.

Tidak hanya itu, lanjutnya, materi yang disuguhkan kepada setiap pengunjung, juga sangat bervariasi. Tidak hanya sebatas design stand dan materi yang ditampilkan, tetapi juga wawasan dan ketrampilan setiap petugas stand Bengkalis, serta kegiatan pameran investasi yang membawa nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

Menurutnya, melalui pameran yang kembali digelar di tengah pandemi saat ini sebagai upaya untuk mendukung UMKM dalam mempromosikan produk-produknya. Dan menampilkan produk kerajinan seperti kain tenun lejo, anyaman tikar.

Untuk kuliner ada kerupuk ikan bilis, manisan pepaya dan makanan khas favorit pengunjung pameran yakni lempuk durian.

“Pameran Batam Expo semoga dapat terus eksis, karena itu akan sangat membantu UKM-UKM dan terus promosi produk. Dan harapannya pandemi Covid dapat segera teratasi agar ada solusi untuk kita bisa terus menggelar pameran dan promosi produk-produk Indonesia,” kata Kadis Disdagprin Bengkalis, H. Indra Gunawan.

Kadis Disdagprin Bengkalis, H. Indra Gunawan.

Ia menjelaskan, tantangan terbesar dalam pelaksanaan pameran yang mengundang produk-produk unggulan UMKM dari berbagai daerah adalah masalah kebijakan dari setiap daerah yang diterapkan selama masa pandemi saat ini.

Karena fashion dan produk-produk seperti ini harus dipamerkan secara offline, customer pun pengen lihat secara langsung model seperti apa, kain seperti apa. Karena memang kendala terbesar saat ini adalah izin setiap daerah yang berbeda-beda. Pameran yang digelar sebagai bentuk upaya mengenalkan setiap produk UMKM dari berbagai daerah, sehingga dapat menjadi suatu kesatuan yang saling melengkapi.

“Sekarang itu meningkatkan daya saing dan bagaimana kita berkolaborasi untuk saling melengkapi yang menjadi hal terpenting dalam era saat ini,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan, melalui Batam Expo 2021 dapat menjadi ajang promosi produk, potensi investasi, dan ini adalah yang kesekian kalinya. Jadi kita sama-sama menjaga protokol kesehatan ini yang paling utama. Jadi antara kesehatan dan kegiatan pemulihan ekonomi berjalan secara baik dan lancar.

Disdagprin juga bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bengkalis memamerkan produk makanan unggulan.

“Paling penting adalah stand Bengkalis menampilkan informasi tentang berbagai peluang investasi dan dari keikutsertaan Kabupaten Bengkalis, melainkan sebagai sarana penyampaian pesan-pesan pemerintah dalam pengembangan potensi unggulan daerah Kabupaten Bengkalis,” pungkasnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *