banner 728x250

Diduga Kapal Bantuan DKP Provinsi Dijual Oknum KUB Desa Kelombok

  • Share

Lingga, SuaraKepri.com – Sempat beroperasi KM Mina kapal ikan semi fiber dengan mesin 32 GT dan kapasitas angkut 30 ton, kini keberadaannya entah dimana, Rabu (23/06/21).

Kapal tersebut (KM Mina) merupakan kapal nelayan yang diberikan oleh Dinas Kelautan Perikanan (DKP) dan diserahkan kepada Koperasi Usaha Bersama (KUB) masyarakat Desa Kelombok, Kabupaten Lingga, pada sekitar tahun 2012 silam.

banner 336x280

Salah satu tokoh masyarakat Desa Kelombok yang saat itu (tahun 2012) masuk dalam struktur keanggotaan KUB, membenarkan jika KM Mina sudah lama tidak beroperasi lagi.

Padahal, menurut Badrun saat pengambilan kapal tersebut di Tanjung Pinang, ia yang memiliki Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil, mengnahkodai KM Mina untuk sampai ke Kabupaten Lingga, untuk seterus nya melakukan serah terima dari DKP Pemrov Kepri ke KUB Desa Kelombok.

“Kira-kira tidak sampai setahun kemudian, kurang lebih Delapan tahun silam, KM Mina diberangkatkan keluar wilayah Lingga. Menurut keterangan Ketua KUB pada masa itu, bahwa KM Mina akan disewa oleh rekan di Tanjung Pinang, dan pemberitahuan tersebut juga tidak melalui Forum”, kata Badrun.

Anehnya, hingga kini tahun 2021 KM Mina tidak pernah diketahui keberadaan pastinya. Timbul tanda tanya? Masyarakat Desa Kelombok bertanya-tanya, apakah kapal bantuan tersebut disewa atau telah dijual belikan oleh oknum KUB lainnya?.

Masyarakat Kelombok yang mempertanyakan keberadaan kapal.

“Semestinya jika memang benar disewakan kepada pihak lain, tentunya pelaporan pendapatan anggaran maupun penyewaan diberitahukan kepada pengurus maupun anggota agar dapat diketahui bersama, namun hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh Ketua KUB”, jelas Badrun.

Hingga berita ini di terbitkan, awak media masih berusaha menghubungi ketua KUB maupun pengurus inti KUB dan DKP Provinsi Kepri serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga. Bersambung !!!

Penulis : Febrian S.r

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *