Connect with us

BPS dan Pemkab Lingga Gelar SP2020, Berikut Informasinya

Lingga

BPS dan Pemkab Lingga Gelar SP2020, Berikut Informasinya

Lingga, SuaraKepri.com – Badan Pusat Statistik Kabupaten Lingga, akan menggelar sensus penduduk 2020 secara online (dalam jaringan). Masyarakat nantinya dapat memberikan informasih data kependudukan pada bulan Februari-Maret 2020 melalui laman sensus.bps.go.id, Jum’at (10/01/20).

“Situs tersebut nantinya dapat diakses baik menggunakan smartphone, tablet maupun komputer,” kata Sumarmono, S Kepala BPS Kabupaten Lingga.

Sensus penduduk (SP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan BPS setiap 10 tahun sekali untuk mencatat seluruh penduduk Indonesia tampa terkecuali.

BPS t’lah melakukan sensus penduduk sejak tahun 1961. SP2020 merupakan penduduk yang ke tujuh.

Sedangkan untuk daerah yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi, petugas BPS lah yang nantinya akan terjun ke lokasi dengan menggunakan metode tradisional.

“Basis utama sensus adalah nomor KTP dan kartu keluarga, bahkan untuk masyarakat Lingga yang tidak memiliki KTP mau pun memiliki akan tetap saya data,” tambah.

Bahkan, Sumarmono, S menjelaskan untuk 2020 ini, nantinya ada dua tahapan sensus dengan metode kombinasi, tahapan itu meliputi sensus online dan sensus penduduk wawancara.

Itu pun, akan melalui verifikasi ulang data yang dilaksanakan pada Juli 2020, dengan cara terjun ke lapangan dan pencacahan.

“Seluruh data yang dikumpulkan BPS dalam pelaksanaan SP2020 akan dijamin kerahasiannya dan di lindungi oleh undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello menyambut baik program sensus penduduk 2020 ini, menurut awe sapaan akrab Bupati Lingga, kegiatan ini merupakan hal yang penting dilakukan.

“Hal ini merupakan hubungannya dengan sensus penduduk, apalagi menjelang pilkada. Kesimpang siuran data data jumlah penduduk antara pemerintah pusat dan daerah adalah penyebab ketidak stabilan dalam pelaksanaan pendataan kependudukan,” kata Alias Wello.

Ia pun berharap, dengan adanya sensus penduduk 2020 ini, setiap OPD, Camat dan Kades dapat berkerja sama untuk menuju Indonesia satu data.

“Semoga kita tetap semangat dan tetap komitmen untuk memajukan daerah kita tercinta ini,” imbuhnya.

Penulis : Febrian S.r

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top