Connect with us

Camat Katang Bidare Bersama BPBD, Tinjau Rumah Warga Benan

Lingga

Camat Katang Bidare Bersama BPBD, Tinjau Rumah Warga Benan

Lingga, suarakepri.com – Aksi cepat tanggap yang dilakukan oleh Camat Katang Bidare didampingi pihak BPBD Lingga, meninjau langsung 7 rumah warga Desa Benan yang terkena musibah puting beliung, Kamis (08/11/2018). Kunjungan yang dilakukan, sekaligus menyerahkan bantuan sagu hati dari pemerintah daerah.

Camat Katang Bidare, Safaruddin M.Si mengatakan dalam kunjungan itu pemerintah daerah berupaya untuk lebih dekat dengan masyarakat. Pemerintah harus cepat tanggap terhadap musibah-musibah alam yang berdampak pada masyarakat.

“Saya hari ini turun kesini, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Pesan pak Bupati dan pak Wakil, bagi yang terkena musibah harus sabar. Pemerintah tidak akan tinggal diam untuk menyampaikan uluran tangan,” papar dia.

Dihadapan warga dia mengaku, harus ada upaya dan terobosan-terobosan baru. Pemerintah hari ini, sangat peduli dengan masyarakat. Apalagi wilayah Katang Bidare, rawan terhadap fenomena alam, seperti angin puting beliung.

Menurut Safar, terbentuk kecamatan baru ini tentu mempercepat langkah pemerintah dalam sifat kepedulian. Mewakili pemerintah Kabupaten Lingga, kecamatan yang terbentuk harus lebih energik, terutama mengayomi dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat.

“Pemerintah daerah pasti membantu, dari BPBD yang akan melibatkan Dinas Perkerjaan Umum. Ini data sudah masuk, tinggal proposal dari pihak desa,” tegas dia.

Dia juga mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan pihak desa dan warga Benan tanpa mengulur waktu untuk proses perbaikan rumah. Meski begitu pemerintah tetap memberikan bantuan.

“Kami apresiasi, sampai-sampai kami disini macam tidak ada kejadian, rumah telah seperti biasa. Tapi pemerintah tetap membantu. Kades nanti menyerahkan proposal ke BPBD,” kata dia.

Sementara BPBD Lingga diwakili Abdul Malik mengatakan akan menurunkan bantuan terhadap musibah-musibah alam seperti ini. Paling tidak tahun 2018 ini telah selesai.

Untuk itu, agar cepat ditanggapi pihak desa harus menyampaikan proposal kerugian, agar proses segera berjalan. Selanjutnya BPBD bersama DPU Lingga akan menindaklanjutinya kepada pimpinan daerah, untuk proses pencarian dana.

“Semakin cepat proposal masuk akan diproses secepatnya. Dan memang kita apresiasi warga dan Kepala Desa Benan, bahkan camat karena memang sejauh saya turun lapangan meninjau lokasi musibah, baru pertama kali turun didampingi camat, apalagi wilayah kecamatan baru,” papar Malik.

Sementara Kepala Desa Benan, Mar’at mengucapkan terimakasih kepada Camat Katang dan BPBD Lingga. Meski diketahui punya jadwal penuh di Daik Lingga, namun sempat turun ke lokasi.

“Memang sengaja kita perbaiki, daripada menunggu pemerintah daerah. Bukan tidak mau dengan bantuan pemerintah daerah, takut nanti hujan warga yang atapnya rusak tadi semakin susah. Kami tetap menyampaikan proposal untuk warga kami,” papar dia.

PENULIS-RIAN
(SMBR/MK).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top