Connect with us

Cuaca Berkabut, Feri MV. VOC Batavia Tabrak Tanker

Tanjungpinang

Cuaca Berkabut, Feri MV. VOC Batavia Tabrak Tanker

TANJUNGPINANG, suarakepri.com – Kapal Feri dengan rute tujuan Tarempa – Letung (Jemaja) – Tanjungpinang, MV. VOC Batavia membawa 153 orang penumpang dan 10 orang ABK mengalami kecelakaan laut, menabrak Kapal Tanker MT. Pacifik Crown, di sekitaran laut Bintan, Kamis, (11/10), pukul 13.14 WIB.

Melalui Kepala Pencarian dan Pertolongan SAR Tanjungpinang, Budi Cahyadi, memaparkan bahwa tabrakan tersebut terjadi di posisi 01°42.885 U -104°42.616 T.

“Sebelumnya cuaca dalam kondisi cerah pada saat di laut Anambas, namun, pada saat sudah mendekati laut Bintan, cuaca hujan deras sehingga mengakibatkan jarak pandang minim,” kata dia.

Budi mengungkapkan, kronologis kejadiannya pukul 13.10 WIB Feri MV. VOC Batavia dengan kecepatan 23 Knot jarak pandang ke laut 700 Meter. Kemudian pada Pukul 13.14 WIB, pada jarak pandang 500 meter, 1 buah kapal tanker terlihat.

“Namun MV. Voc Batavia masih pada kecepatan 23 Knot, kemudian pada jarak 100 meter baru nahkoda MV. VOC Batavia menurunkan kecepatan, kemudian benturan terjadi dengan Tanker MT. Pacific Crown,” ungkapnya.

Diketahui 1 orang penumpang yang berada di luar atas lambung kiri MV. VOC Batavia terjun ke laut akibat benturan. Secepatnya Feri MV. VOC Batavia memutar haluan kapal untuk melakukan evakuasi, dan akhirnya penumpang yang terjatuh tersebut dapat diselamatkan oleh ABK MV. VOC Batavia menggunakam Lifeboat.

“Pukul 13.20 WIB ABK mesin MV. VOC Batavia melaksanakan pengecekan ruang mesin kapal dengan hasil tidak ada kerusakan. Pukul 13.24 WIB Kapal MV. Voc Batavia melanjutkan perjalanan menuju Tanjungpinang / Pelabuhan Sri Bintan,” jelasnya.

Adapun korban yang melompat dari atas kapal bernama Ta’ali, alamat Buton Bau Bau/Sulawesi Tenggara, yang bekerja sebagai nelayan tembak (ABK kapal Sdr. Rendi Letung).

Dari penjelasan Budi, cuaca pada saat kejadian, menurut release Info Stamet Tarempa, bahwa gelombang Bintan : 0.1-0.5 m dan Anambas : 0.1-1.0 m dengan suhu : 24-32°, arah angin Barat Laut – Timur Laut dengan Kecepatan Angin : 5 – 30 Knot.

Akibat kecelakaan laut tersebut, Feri itu mengalami kerusakan pada lambung kiri kapal, bagian atas rusak hingga bagian dalam kapal sepanjang 1.5 Meter, Reling bagian atas lambung kapal rusak berat, tiang anjungan patah, lambung kiri samping haluan kapal rusak parah.

(Erial)

Continue Reading
Advertisement
Baca juga berita berikut...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top