Connect with us

DANLANTAMAL IV BUKA UJI TERAMPIL GLAGASPUR

Tanjungpinang

DANLANTAMAL IV BUKA UJI TERAMPIL GLAGASPUR

TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., membuka Uji Trampil Gladi Tugas Tempur Komando Latihan Komando Armada (Glagaspur Kolat Koarmada) I bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang, Senin (19/08).

Acara pembukaan Uji Trampil Glagaspur Kolat Koarmada I ditandai dengan pemukulan palu oleh Danlantamal IV yang didampingi oleh Kolonel Laut (P) Taman Sembiring selaku Katim Uji Trampil Galagaspur yang mewakili Komandan Kolat Koarmada I, (Dankolat Koarmada) I Kolonel Laut (P) Fauzi, S.E., M.M.,

Uji Trampil Glagaspur ini adalah kegiatan latihan yang di gelar oleh Kolat Koarmada I selama dua hari di Lantamal IV, dimana bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas pokok.

Selain itu Lantamal IV juga melaksanakan uji terampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) tingkat P1 dan P2 yang diikuti oleh seluruh prajurit Lantamal IV, dengan tujuan untuk memperoleh kesamaan persepsi, keseragaman pengertian dan tindakan dalam menghadapi berbagai ancaman.

Dalam sambutannya Danlantamal IV mengatakan bahwa penyelenggaraan Uji Trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P-1 dan P-2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan.

Dijelaskan oleh Laksma Aryad bahwa uji terampil Glagaspur Pangkalan TK 1/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing bagian. Uji terampil Glagaspur Pangkalan TK 2/P2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama baik secara teknis dan taktis sesuai situasi dan kondisi yang di hadapi.

Lebih jauh disampaikan bahwa penyelenggaraan Gladi Tugas Tempur Pangkalan untuk meningkatkan kemampuan dan kehandalan Pangkalan dan unsur-unsur TNI AL yang ada di Pangkalan agar tercapai tingkat siap operasional yang dipersyaratkan.

“Mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok, yang pada gilirannya akan meningkatkan komando dan pengendalian operasi, prosedur operasi dan penguasaan teknik dan taktik” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan (Wadan LantamaI) IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, S.T., M.si, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Mulyatna, S.T., Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV serta Tim dari Kolat Koarmada I.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top