Connect with us

Demokrasi Era Millenilal, Ketua KNPI dan IMKL Lingga Bukber Serta Diskusi Bersama

Lingga

Demokrasi Era Millenilal, Ketua KNPI dan IMKL Lingga Bukber Serta Diskusi Bersama

Lingga, SuaraKepri.com – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lingga, Safaruddin M.Si sore ini menjalin silaturahmi bersama sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga (IMKL) di Tanjungpinang.

“Pemuda harus bisa bijak mencermati bagaimana masalah umum politik yang sedang terjadi di negara kita,” kata dia pada giat buka bersama dengan mahasiswa di Tanjungpinang, Kamis (16/05).

Dalam pertemuan tersebut ketua KNPI Lingga dan IMKL Lingga membahas beberapa trobosan dalam mengatasi dan menyikapi tensi politik yang sedang terjadi di republik ini, salah satunya menyangkut peran pemuda strategis dalam mengawal demokrasi di era millenilal ini.

Bahkan, di tengah hangatnya kondisi politik saat ini, pemuda ataupun mahasiswa harus menanamkan tameng nasional yang kuat, jangan mudah terpecah belah, karena hanya segelintir kepentingan politik, Maka dari itu, dia berpesan peran pemuda harus strategis serta harus memiliki visi-misi yang kuat untuk kemajuan daerah dan negara.

“Jadi kita mengajak mahasiswa jangan apatis dan jangan pula muda terpengaruh dengan kondisi politik saat ini. Bagaimana caranya, kita diskusikan disitu yakni mencermati terlebih dulu masalahnya. Bukan setengah-setengah lalu membuat asumsi. Bisa jadi asumsi itu salah,” kata dia.

Sebagai organisasi besar kepemudaan, kata dia KNPI akan selalu mengajak pemuda agar lebih arif bertindak, aktif menyuarakan kepentingan masyarakat, bukan sepihak, bukan pula kepentingan elite politik.

Agar semuanya pemuda bisa mempertahankan Negara Republik Indonesia yang besar ini, dan ikut menjaga kemajemukan yang tlah terjalin selama ini, serta tetap menjunjung semboyan bangsa, Bhinneka tunggal Ika.

“Buka bersama ini, sekaligus kami meningkatkan silaturahmi. Meningkatkan persaudaraan, tidak ada perbedaan diantara. Meski majemuk kami punya komitmen menjaga kebersamaan, punya cita-cita untuk daerah dan bangsa,” jelas dia.

Sementara Ketua IMKL, Nobariansyah mengaku mahasiswa dalam hal ini menyambut baik, sebab mahasiswa adalah pemuda yang diberikan kelebihan pendidikan.

Bahkan ia meyakini dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan itu perlunya musyawarah untuk memecah permasalah dan merencanakan visi-misi pemuda kedepannya.

“Karena memang kita, pemuda memang punya tugas paling penting dan juga sebagai agen perubahan serta kontrol sosial sehingga diharap para pemuda dapat mengambil peran yang benar-benar baik dalam demokrasi ini,” jelas dia.

Penyegaran peran-peran pemuda yakni dengan diskusi, karena reposisi pemuda terus bergantian dari tahun ke tahun. Menurutnya, pemuda yang cerdas akan memiliki 4 aspek yakni Intelektual, Sosial, Emosional dan Spiritual.

“Kita punya peran strategis sebagai pemuda di zaman milenial, misalkan ada semangat mengkritisi pemerintah untuk mengawal pemerintahan atau semangat mendukung dengan kebijakan pemerintah yang baik,” ucap dia.

Penulis : Rian

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top