Connect with us

Dirut Baru Harus Mampu Jadikan BUMD Profit Center Bukan Cost Center

Tanjungpinang

Dirut Baru Harus Mampu Jadikan BUMD Profit Center Bukan Cost Center

SuaraKepri.com, Tanjungpinang – Kisruh antara DPRD Tanjungpinang dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang mengenai pemilihan Direktur BUMD Tanjungpinang dianggap tidak perlu dibesarkan.

Hanya saja, nanti saat pemilihan, Panitia Seleksi diminta benar-benar memberikan Pemerintah sosok-sosok Dirut yang mampu jadikan BUMD sebagai Profit Center bukan malah cost center.

Hal itu dikatakan oleh akademisi sekaligus pakar ekonomi di Tanjungpinang, Ridarman Bay. Menurut dia, memang permasalahan antara DPRD Tanjungpinang yang menyuarakan pelanggaran Perda oleh Pemkot Tanjungpinang adalah hal yang lumrah. Namun, yang lebih penting dari itu adalah sosok yang dipilih nantinya.

“Harus profil center, artinya dia sosok yang mampu membangun, memberikan pendapatan untuk BUMD dan Pemkot Tanjungpinang. Bukan malah yang cost center atau sumber pengeluaran,” kata Ridarman Bay saat dihubungi, Minggu (12/5/2019).

“Tanjungpinang yang minim sektor penggerak ekonomi, membuat BUMD menjadi salah satu langkah peningkatan ekonomi penting bagi Pemerintah untuk mendongkrak keuangan. Agar sumbangan ke PAD besar, makanya justru siapa yang dipilih nanti yang harus dipersoalkan, bukan Kangkangi Perda, toh tidak ada sanksi juga,” tambahnya.

Ridarman Bay mengatakan, justru saat ini Pemkot Tanjungpinang dan DPRD harus sama-sama bersinergi membangun BUMD agar lebih maju dari kemarin atau sejak dia dibangun.

Mantan Komisioner KPU Kepulauan Riau ini juga mengingatkan agar tidak ada nepotisme yang berujung pada kehancuran BUMD ini nantinya.

“Nepotisme bukanlah hal baru, bahkan ini menjadi lumrah, ketika membuang orang-orang pemimpin lama dan memasukkan orang-orang pemimpin baru. Agar tidak ada kehancuran, lebih baik pentingkan BUMD nya untuk maju, bukan orang yang ingin dimajukan,” sindir Ridarman Bay.

Penulis : Bie

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top