Connect with us

Dispar Provinsi Kepri Sosialisai dan Gelar Pelatihan Pariwisata di Natuna

Natuna

Dispar Provinsi Kepri Sosialisai dan Gelar Pelatihan Pariwisata di Natuna

Natuna, SuaraKepri.com – Dinas Pariwisata Provinsi Kepri melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan di Natuna Hotel, Ranai. Selasa siang (12/03).

Kegiatan yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau” dibuka secara resmi oleh Sekda Natuna, Wan Siswandi dan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Hardinansyah dan para peserta dari Pengiat Wisata Natuna, Pengurus Pokdakwis Natuna, Pengelola tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Drs Buralimar Msi menyampaikan ada 4 hal yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata.

“Diantaranya Destinasi wisata, promosi dan tempat atau asosiasi serta SDM,” ujar Buralimar.

Menurut Buralimar, Kabupaten Natuna merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat bagus, kemudian destinasi wisata natuna akan menjadi obyek wisata masa depan yang tidak ada di daerah lain.

“Untuk wisata itu tidak harus sama dengan tempat lain yang mengedepankan kemewahan, namun bisa juga dengan wisata alami seperti yang dimiliki Kabupaten Natuna saat ini,” jelasnya.

“Alam natuna sudah mendukung, tinggal pengemasan. Natuna tidak mengejar wisman malaysia dan singapore, akan tetapi kita kejar wisata eropa, karena mereka suka wisata natural, berbeda dengan wisatawan malaysia dan singapore,” tambahnya.

Kembali Buralimar menerangkan bahwa Kabupaten Natuna punya semua sumber daya alam lengkap untuk dikembangkan sebagai tempat wisata berkelas dan Pemprov Kepri sudah ada rencana untuk pengembangan ini.

“Ada rencana gubernur untuk membuka sekolah pariwisata di Natuna, karena saat ini kementerian mengembangkan Bidang SDM. Tapi kami optimis natuna akan jadi objek wisata masa depan,” jelasnya lagi

Dalam kesemoatanbyang sama, Sekda Natuna Wan Siswandi menjelaskan bahwa program pariwisata sudah menjadi program pemerintah pusat.

“Pengembangan wisata itu program presiden,” kata Siswandi.

Bicara mengenai pariwisata, kata Siswandi, tidak bisa berjalan sendiri. Namun semua pihak harus terlibat dalam mendukung pengembangan wisata di Natuna.

“Saat ini Presiden sangat konsen termasuk natuna contoh telah dapat kita rasakan palapa ring barat (PRB), progres pengembangan semakin nampak. Bertahap internet sudah semakin meningkat, ini juga bentuk dukungan atas pariwisata,” jelas Siswandi.

“Kedepannya Home Stay memang harus kita kembangkan, contoh di tanjung, bisa saja nanti setiap kapal pesiar masuk mereka tidak lagi tidur di kapal tetapi juga bisa menginap di home stay,” tutupnya.

Adapun Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya Kadis Pariwisata Natuna, Hardinansyah, Dosen STP Bandung, Sutedja Wiradana Kusuma.

Foto bersama seusai pembukaan acara
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top