Connect with us

SuaraKepri.com

DPMPTSP Kepri Tegaskan Perizinan Kelapa Sawit di Lingga Sudah Sesuai Prosedur

Tanjungpinang

DPMPTSP Kepri Tegaskan Perizinan Kelapa Sawit di Lingga Sudah Sesuai Prosedur

Tanjungpinang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepri menegaskan bahwa perijinan Kelapa Sawit di Lingga sudah sesuai dengan prosedur yang ada.

Bahkan perijinan itu susah melalui pemerintah daerah setempat, yakni Pemkab Lingga. Hal ini menjawab apa yang diberitakan sebelumnya.

Kata Kepala DPMPTSP Provinsi Kepri Syamsuardi melalui Kabid Perizinan PTSP Kepri Joni Hendra Putra izin lingkungan perkebunan kelapa sawit PT Citra Sugi Aditya (CSA) sudah melalui prosedur resmi.

Bahkan kata Dia, ada sosialisasi kepada masyarakat dan stake holder di Kabupaten Lingga terkait penyusunan AMDAL dan dibuktikan dengan daftar hadir serta pernyataan dukungan masyarakat dan perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas).

“Kami menanggapi berita-berita yang beredar terkait PTSP menerbitkan izin lingkungan kelapa sawit CSA di Lingga, bahwa penertiban itu sudah disetujui pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta DLHK provinsi,” sebut Joni, Kamis (06/08/2020) kepada sejumlah media di Tanjungpinang.

Joni menceritakan, izin Lokasi PT CSA diterbitkan Bupati Lingga melalui Surat Keputusan Bupati Lingga Nomor 01/KPTS/BPMP-PP/IV/2014 tentang Perpanjangan Izin Lokasi Untuk Perkebunan Kelapa Sawit PT CSA luas lahas 9.700 Ha yang teletak di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur, Desa Teluk dan Limbung Kecamatan Lingga Utara Kabupaten Lingga.

Kemudian, lanjut Joni, PT CSA mengajukan izin Lingkungan ke DPMPTSP Provinsi Kepri dan dilakukan pembahasan oleh Komisi AMDAL Provinsi Kepri.

“Kemudian terbit rekomendasi teknis dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri melalui Surat Nomor 660/397/KOMDAL/DLHK-KEPRI/IV/2019 tanggal 30 April 2019 yang menyatakan izin lingkungan layak diterbitkan,” ungkapnya.

“Maka DPMPTSP Provinsi Kepri menindaklanjutinya dengan SK Izin Lingkungan Nomor 1732/KPTS-18/V/2019,” tambah Joni berdasarkan dilansir MetroKepri.

Setelah melihat persyaratan dokumen perizinan sesuai, sambung Joni, PTSP mengeluarkan izin lingkungan namun bukanlah izin operasional.

“Izin lingkungan berfungsi untuk kontrol bagi pelaku usaha untuk meminimalkan dampak lingkungan, perlu diketahui,” terang Joni lagi.

Setelah itu, sebut Joni, izin selanjutnya PT CSA terkait Hak Guna Usaha langsung ke Kementerian Agragria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Terakhir, jauh sebelum terbitnya izin lingkungan, pihak perusahaan pun, telah mendapatkan izin usaha perkebunan sawit dari Pemerintah Kabupaten Lingga yaitu melalui Keputusan Bupati Lingga Nomor 160/Kpts/IV/2010 tanggal 25 April 2010.

“Malah sudah ada rekomendasi dukungan dari DPRD Kabupaten Lingga kepada PT CSA,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa salah satu Pemuda Lingga Zuhardi yang biasa disapa Juai akan datang ke DPMPTSP Provinsi Kepri untuk menanyakan prihal terbitnya izin Lingkungan Perkebunan Sawit. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top