Connect with us

Jangan Buang Puntung Rokok di Pinggir Jalan BMKG Lingga : Salah Satu Penyebab Kebakaran

Lingga

Jangan Buang Puntung Rokok di Pinggir Jalan BMKG Lingga : Salah Satu Penyebab Kebakaran

Lingga, SuaraKepri.com – Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Sahat Mauli Pasaribu, mengimbau kepada seluruh masyarakat Lingga, khususnya di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu bencana.

“Himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di pinggir jalan yang rumput/ilalang yang kering, membuka lahahan perkebunan dengan cara membakar, Itu sangat potensi sekali terjadi kebakaran,” kata Kepala Stasiun BMKG Lingga Kelas III Sehat Mauli Pasaribu kepada Suarakepri.com, Rabu (07/08/19).

Selain itu, dia menjelaska untuk seluruh wilayah di Kabupaten Lingga, saat ini tertanda zona merah ( Sangat Muda) terbakar, dengan begitu diperkirakan 3-4 hari kedepan Kabupaten Lingga masih akan mengalami cuaca panas berlebih.

“Untuk prkiraan 3 – 4 hari kedepan ini, masih belum turun hujan, di karenakan kelembapan udara yang cukup rendah ditambah kecepatan angin yang tinggi di lapisan atas wilayah Kab. Lingga menyebabkan berkurangnya jumlah massa udara yang membuat potensi pertumbuhan awan-awan konvektif menjadi berkurang,” jelas dia.

Secara umum, kata dia untuk cuaca diKabupaten Lingga, diperkirakan cerah berawan, namun, tetap berpotensi terjadi
kebakaran hujan dan lahan (Karhutla)

“Untuk Kabupaten Lingga statusnya sangat mudah terjadi kebakaran, ditandai dengan keterangan zona merah pada parameter cuaca,” imbuhnya.

Penulis : Febrian S.r

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top