Connect with us

Kadishub Lingga Anggarkan Perbaikan Mobile Break Roro Jagoh

Lingga

Kadishub Lingga Anggarkan Perbaikan Mobile Break Roro Jagoh

Lingga, SuaraKepri.com – Kondisi pelabuhan roll on roll off (Roro) Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, semakin hari mengkhwatirkan, hal ini disebabkan oleh belum di permanensasikan dermaga tersebut.

Salah satu anak buah kapal (ABK) roro yang namanya enggan disebutkan menyebutkan jika pelabuhan roro Jagoh sudah tidak layak untuk digunakan, sebab ramp door turun naik pelabuahan tidak berfungsi lagi, ditambah lantai pelabuhan tersebut banyak yang rapuh.

“Ramp door nya tidak berfungsi lagi, yang kami takutkan jika air laut surut jauh, pasti ramp door kapal akan ketinggian dan sulit untuk dilewati kendaraan apapun, karna ramp door pelabuhan tidak bisa digerakkan untuk mengikuti ketinggian kapal,” kata dia kepada Suarakepri.com, Selasa (26/11/19).

Disamping itu, kepala Dishub Kabupaten Lingga, Selamat saat dikonfirmasih membenarkan kondisi pelabuhan roro Jagoh tersebut, namun ia berjanji tahun 2020 pelabuahan tersebut akan dibangun secara permanen.

“Ia kemarin kita sudah mendapat kabar kalau Mobile break¬†roro kita itu rusak, tapi semua itu akan menjadi proritas utama kita, untuk sekarang sedang penyusun, Insyallah kita akan mendapatkan anggaran untuk perbaikan MB itu,” kata Selamat saat dikonfirmasih.

Selain itu, Untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan Selamat menjelaskan akan mengganti semua papan dan ramp door melalui dana alokasi khusus (DAK) dan akan dimasukkan dalam rencana kerja dan anggaran (RKA) TA 2020.

“Jadi untuk 2020 kita mendapatkan anggaran, tanggal 19 ini sudah pertemuan terakhir penandatanganan RKA nya di kementrian, selanjutnya akan kita ganti dengan gritingnya besi galvanis, kita ganti semua dengan besi, nantinya akan sama seperti MB roro penarik,” jelas dia.

Pantauan media ini, terlihat banyak papan atau lantai dari MB pelabuhan Jagoh yang rapuh, bahkan banyak diantaranya yang sudah tidak melekat, hal ini disebabkan paku dari papan itu terlepas akibat beban maupun rapu dihantam panas dan hujan.

Penulis : Febrian S.r

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top