Connect with us

Kebutuhan BBM Cukup Tinggi, Bupati Anambas Ajukan Pembangunan SPBU

Anambas

Kebutuhan BBM Cukup Tinggi, Bupati Anambas Ajukan Pembangunan SPBU

Anambas, SuaraKepri – Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) kini di Kabupaten Kepulauan Anambas cukup tinggi, untuk itu sangat diperlukan Sentral Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH rapat koordinasi Pembangunan SPBU/Depo BBM satu harga tahun 2017 di Jakarta, tepatnya di Gedung Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Senin (19/2).

Bupati Kepulauan Anambas dalam agenda ini didampingi oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat dan kawasan Pemukiman Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul dan Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Adies Saputra.

Turut Hadir juga Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandono, Perwakilan dari PT.Pertamina Zibari dan Gunawan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Cristine, Perwakilan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Suryawarman.

Dalam rapat ini, Abdul Haris menyampaikan terkait pengajuan Pembangunan SPBU/Depo BBM karena melihat kebutuhan minyak di Kabupaten Kepulauan Anambas yang kian meningkat.

“Seperti kebutuhan minyak kapal-kapal, minyak untuk listrik di desa, minyak untuk penerangan pada perusahaan, minyak untuk kebutuhan resort pariwisata dan juga kebutuhan minyak untuk pesawat di bandara,” ujar Haris.

Lanjutnya, jarak yang terlalu jauh menjadi kendala penyediaan BBM di Kepulauan Anambas, terlebih jika dalam kondisi angin kencang seperti angin barat, utara maupun selatan.

“Kebutuhan minyak untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini diperkirakan sekitar 15.977,40 ton/tahun, untuk pariwisata sendiri sekitar 1.200 ton/tahun, Operasional Migas 36.000 ton/tahun, dan Hankam sekitar 18.000 ton/tahun, Harapan dengan dibangunnya SPBU ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” Harris.

Selain menyampaikan terkait BBM, Harris juga menyampaikan kepada peserta rapat terkait pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Anambas, seperti Pembangunan Balai Benih Ikan (BBI), Pembangunan Sumber Air Baku dan Jaringan SPAM, Pembangunan Jalan Penghubung, Pembangunan Jembatan Peniting-Konjo, dan Pembangunan Jembatan Selayang Pandang (SP) Jalur II.

“Usulan terkait BBM / Pembangunan SPBU akan diadakan peninjauan dilapangan dan akan didiskusikan lebih lanjut kedepannya,” tambahnya.

Serta Kemenko Maritim akan mencoba memfasilitasi hal ini bersama dengan Pertamina.

“Sedangkan usulan terkait infrastruktur akan dilanjutkan ke Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur serta dilanjutkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Anambas

To Top