Connect with us

Kelapa Sawit Dan Perkebunan, Ganggu Resapan Air di Waduk Sungai Pulai

Tanjungpinang

Kelapa Sawit Dan Perkebunan, Ganggu Resapan Air di Waduk Sungai Pulai

Tanjungpinang, SuaraKepri.com – Adanya gangguan aktivitas perkebunan seperti Kelapa Sawit dan kini perkebunan masyarakat di sekitar lahan Hutan Lindung Waduk Sei Pulai, sangat mempengaruhi debit air.

Hal ini disampaikan oleh manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, saat konferensi pers dan dipimpin langsung oleh Direktur, Mamat.

Akibat pengaruh tersebut, Waduk Sei Pulai tidak lagi maksimal dalam memperoleh air dari resapan di sekitar Hutan Lindung Sei Pulai seluas 751 Hektar.

Adanya perihal ini, Mamat akan coba bersenergi dengan Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kita akan terus beraudensi dan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri, khususnya Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri setiap kendala yang terjadi,” ujar Mamat.

Perkebunan masyarakat yang mulai menjamur

Mamat menerangkan bahwa keadaan debit air di Sei Pulai sekarang sekitar 2 centi.

“Ini merupakan keadaan kritis untuk waduk Sei Pulai, maka dialihkan ke Sei Gesek yang kini, Alhamdulillah berada 142 centimeter,” jelas Mamat.

Untuk mengantisipasi keadaan ini, Mamat pun menambahkan bahwa pihaknya membuat kebijakan penyaluran air dengan pola 2 hari hidup dan 2 mati.

“Bila kritis ini tidak berlalu juga dan semakin parah, maka bisa mengakibatkan kita menggunakan pola, 3 hari mati dan 1 hari hidup dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan tangki-tangki air, dimana ini dapat memperbantu masyarakat akan kebutuhan air bersih.

“Di Waduk Sei Pulai, kita terus menyambungkan pipa penyedotan, agar dapat menjangkau air yang semakin menyusut,” jelasnya lagi.

Kepala Sub Bagian Umum, Fazli turut menambahkan bahwa pihaknya telah sering berkoordinasi adanya aktivitas perkebunan, baik itu Perkebunan Kelapa Sawit dan menjamur perkebunan masyarakat.

Inilah perkebunan Kelapa Sawit yang sangat dekat dengan Waduk Sei Pulai

“Padahal area perkebunan itu merupakan catsment area PDAM Tirta Kepri dimana untuk kebutuhan penyerapan air Waduk Sei Pulai, tetapi laporan kita baik ke Dinas mau intansi terkait belum mendapatkan respon,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top