Connect with us

Khofifah Klaim Bahwa Chairul Anwar Nidom Penemu Penangkal Virus Corona

Nasional

Khofifah Klaim Bahwa Chairul Anwar Nidom Penemu Penangkal Virus Corona

Semakin maraknya kasus penyebaran virus Corona (COVID-19) yang diperkirakan bermula dari Wuhan, China telah mencuri perhatian banyak pihak untuk segera menemukan penangkal virus tersebut termasuk peneliti dari Indonesia, seperti yang dikutip dalam video Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada akun Instagram nya beberapa waktu lalu (18/2) menerangkan telah menemukan penangkal virus Corona tersebut.

“Penemu tersebut adalah Chairul Anwar Nidom yang merupakan salah seorang peneliti yang lahir pada tanggal 8 Maret 1958 di Pasuruan, Jawa Timur. Selain berprofesi sebagai peneliti Chairul juga merupakan seorang dosen pada program studi sains Veteriner Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya,” ujar Khofifah.

Chairul Anwar Nidom dalam penjelasannya menerangkan bahwa penelitiannya terhadap kandungan Curcumin yang terdapat pada tanaman herbal yang sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia dapat mencegah penularan dari virus Corona.

“Sebelumnya Chairul mengatakan bahwa virus Corona dibagi menjadi 2 jenis yaitu Low Pathogenik dan High Pathogenik,” papar Chairul.

Menurutnya Low Pathogenik sifatnya tidak begitu ganas karena terdapat pada saluran atas sedangkan High Pathogenik bersifat ganas dengan reseptor terdapat pada paru paru sehingga menyebabkan kefatalan pada penderita penyakit virus Corona.

oleh karena itu Chairul menyarankan agar masyarakat selalu mengkonsumsi tanaman herbal yang mengandung kandungan Curcumin.

“Adapun tanaman herbal tersebut adalah jahe, kunyit, temulawak, dan sereh yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia,” jelasnya.

Terang Chairul pada dasarnya masyarakat kita sudah melakukan pencegahan dari penyebaran virus Corona, hal ini dilihat dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu mengkonsumsi tanaman herbal tersebut.

“Hal ini dapat kita lihat, baik digunakan sebagai bumbu masakan maupun sebagai bahan minuman sehingga masyarakat Indonesia sudah memiliki antibody yang cukup untuk mencegah penularan virus Corona,” tambahnya.

Dari penjelasan Chairul dapat disimpulkan bahwa sebaiknya masyarakat tidak perlu terlalu takut atau membesar besarkan virus Corona, yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan.

“Atur Pola makan yang teratur dan sering seringlah mengkonsumsi tanaman herbal tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang optimal sehingga terbebas dari penyebaran virus Corona dan penyakit lainnya,” tutupnya.

Penulis : Thafan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Nasional

To Top