Connect with us

SuaraKepri.com

Kominfo : Telkomsel Dan Telkom Kerjasama Mengatasi Keterbatasan Bandwidth Internet Natuna

Tanjungpinang

Kominfo : Telkomsel Dan Telkom Kerjasama Mengatasi Keterbatasan Bandwidth Internet Natuna

NATUNA – PT. Telkom dan PT. Telkomsel sinergi dalam mengatasi keterbatasan kapasitas Bandwidth di Kabupaten Natuna. Kerja keras PT. Telkom membangun jalur Radio Microwive merupakan usaha luar biasa untuk menghubungkan pulau pulau, jika dibandingkan dengan menggunakan Fiber Opti.

“Kerja keras PT. Telkom membangun jalur Radio Microwave merupakan usaha luar biasa untuk menghubungkan pulau pulau dari Sambas (Provinsi Kalimantan Barat), Pulau Serasan, Pulau Subi, Pulau Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga, sampai Ranai Kabupaten Natuna merupakan usaha luar biasa untuk menghubungkan pulau pulau, jika dibanding menggunakan fiber optik yang diperkirakan jauh lebih mahal investasinya,” Kata Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika, Senin (23/10).

Masih kata Raja Darmika, jika project radio microwave yang dikenal dengan Radio IP Lon Houl (Radio IPLH) dipasang di atas bukit yang akses jalannya hanya menggunakan jalan setapak, atau BTS dibangun di atas bukit yang akses jalannya tidak ada.

Maka kapasitas bandwitdh akan bertambah dan komunikasi data akan semakin cepat. Seperti yang dibangun di Pulau Serasan dan di Pulau Sabang Mawang.

Lanjut, Ia mengatakan dari setiap BTS tersebut Power Listriknya menggunakan Bateray yang akan diisi lewat kombinasi tenaga surya dan genset yang selalu stanby.

“Beberapa hari ini kita merasakan kecepatan yang hampir sama seperti kota – kota besar lainnya walaupun masih ada kendala dalam pengoperasiannya,” ucap Raja.

“Apabila salah satu site saja ada gangguan, otomatis komunikasi dari dan ke Natuna akan terputus. Namun pihak PT. Telkomsel akan tetap menggunakan Vsat untuk backup komunikasi di layanan 2G, sehingga kita masih bisa komunikasi suara (telpon) walaupun tidak bisa komunikasi data”, jelasnya.

Raja Darmika mengatakan Pihak PT. Telkom berencana akan mengalirkan 2000 MB kapasitas data ke Natuna, yang dialokasikan sebesar 1200 MB untuk telkomsel dan sisanya untuk indihome telkom.

Sampai saat ini pihak PT. Telkom dan PT. Telkomsel akan melakukan optimalisasi koneksi dipusat komunikasi dan disetiap BTS dengan menyesuaikan parameter perangkat agar layanan bisa lebih baik. Dan pelanggan merasa puas, walaupun kepuasan itu relatif. Ini usaha luar biasa yang pantas kita berikan apresiasi kepada PT. Telkom dan PT. Telkomsel.

“Rencana yang disambungkan dengan radio IPLH, ada 21 Site, 22 BTS 3G dan 5 BTS 4G atau LTE. Kondisi ini khusus untuk kota Ranai dan sekitarnya. Jadi akan mengurangi ritual cari sinyal,”tuturnya.

Raja Darmika mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. Telkom dan PT. Telkomsel serta seluruh pihak yang terlibat demi kelancaran jaringan di Natuna. Dan berharap pihak telkomsel dapat mempertahankan kualitas layanan yang sudah baik ini.

Penulis : Imam Agus

[sk]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top