Connect with us

SuaraKepri.com

Kominfo : Telkomsel Dan Telkom Ujicoba Jaringan Longhaul Natuna-Sambas

Natuna

Kominfo : Telkomsel Dan Telkom Ujicoba Jaringan Longhaul Natuna-Sambas

NATUNA – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan bahwa pihak Telkom dan Telkomsel saat ini sedang melakukan uji coba jaringan radio IP longhaul yang terhubung dari Natuna – Sambas Provinsi Kalimantan Barat.

“Sejak hari Rabu kemarin kita sudah bersama dengan Andi Supri Manajer telkomsel batam dan Surya Supervisor Teknis Telkomsel Batam untuk merampungkan hal tersebut,”kata Raja Darmika, Kamis (19/10).

Masih kata Raja, saat ini pihak Diskominfo bersama pihak Telkomsel sedang meninjau salah satu site BTS di pulau lagong (sabang mawang) dan melakukan survey lokasi BTS di SKPT selat lampa.

“Seperti diketahui selama ini perangkat yang digunakan oleh Telkom dan Telkomsel di Natuna, data dan komunikasi masuk dan keluar natuna, melalui satelit bumi (Vsat) dengan kapasitas komunikasi data (Bandwidth) yang terbatas,”jelasnya.

Kali ini, lanjut Raja, jaringan internet di Natuna akan memakai jalur radio ip Longhaul yang terkoneksi dengan Fiber optik di Sambas. Sebelumnya tower BTS untuk ini sudah dipasang di Ranai Sabang Mawang (Kecamatan Pulau Tiga), subi, serasan dan Sambas.

“Akan ada penambahan kapasitas bandwidth secara signifikan menjadi kapasitas 2000 Mega Byte. Lalu rencananya dialokasikan lebih kurang 1000 MB akan digunakan operator Telkomsel dan sisanya atau sekitar 600 MB akan dipakai untuk produk Indihome Telkom,” terangnya lagi.

Ia menuturkan, pihak Telkomsel mengupayakan migrasi jaringan perangkat baru ini di waktu-waktu kosong agar tidak mengganggu aktivitas warga pengguna layanan mereka.

“Kalau tidak ada kendala, besok pagi mungkin bisa dirasakan perubahannya. Tapi kalau ada kendala teknis lainnya, yang jelas dalam beberapa hari ini akan dirampungkan,” tambah Raja Darmika.

Untuk sekarang pihak Telkomsel sudah melakukan ujicoba jaringan radio longhaul ini yang sudah di setting di beberapa site BTS yang berada di Bukit Arai (Kantor Bupati), Penagi dan Bandara.

Penulis : Imam Agus

[sk]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top