Connect with us

Komisi III DPRD Kepri Minta Pengawasan Hutan di Batam Ditingkatkan

Galeri

Komisi III DPRD Kepri Minta Pengawasan Hutan di Batam Ditingkatkan

Batam, SuaraKepri.com – Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KPHL DLHK) Provinsi Kepulauan Riau, di Batam, Selasa (19/2/2019). Monitoring itu juga bertujuan agar pengawasan hutan lebih ditingkatkan.

Tim Monitoring ini dipimpin Sekretaris Komisi III, Raja Bahktiar. Salah satu anggota Komisi III tersebut, Irwansyah, mempertanyakan mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) KPHL di Batam. Hal tersebut didasarkan pada seringnya terjadi kebakaran lahan dan hutan di Batam pada 2019 ini.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi dalam pengelolaan hutan adalah pelaksanaan tata hutan pada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), kecuali pada KPH Konservasi (KPHK). Pelaksanaan rencana pengelolaan KPH kecuali pada KPHK, pelaksanaan pemanfaatan hutan di kawasan hutan produksi dan hutan lindung, termasuk pelaksanaan rehabilitasi di luar kawasan hutan Negara.

Dari ketentuan dalam UU No 23 Tahun 2014 tersebut, Komisi III juga mempertanyakan mengenai potensi yang dimiliki hutan-hutan yang ada di Batam.

Dalam monitoring tersebut, hadir anggota Komis III Raja Bakhtiar, Irwansyah, Saproni, Alex Guspeneldi, Joko Nugroho dan Sahmadin Sinaga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Galeri

To Top