Connect with us

KPP Natuna Gelar Workshop dan Pelatihan SAR

Natuna

KPP Natuna Gelar Workshop dan Pelatihan SAR

Natuna, suarakepri.com – Tugas atau misi pencarian dan pertolongan (sar) adalah Tugas kemanusiaan yang mengandung arti sangat mulia. Yakni membantu, menolong, melindungi dan menyelamatkan sesama jiwa manusia yang berada dalam musibah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, Mexianus Bekabel pada acara Workshop potensi SAR, Rapat Koordinasi dan Latihan SAR daerah Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna 2019 di Aula Natuna Hotel, Selasa (26/11).

Menurut Mexi, Sesuai dengan uu no.29 tahun 2014 tentang pencarian dan
Pertolongan, negara atau pemerintah telah hadir untuk menjamin dan memberikan rasa aman dan selamat kepada seluruh masyarakat. Pemerintah melalui badan nasional
Pencarian dan pertolongan melaksanakan sebagian urusan pemerintah dalam bidang pencarian dan Pertolongan di seluruh wilayah NKRI.

“hal tersebut dipertegas pada tugas-tugas pencarian dan pertolongan, yang meliputi kecelakaan penerbangan dan kecelakaan pelayaran,kecelakaan dengan penanganan khusus, kondisi membahayakan jiwa manusia,membantu pada saat terjadi bencana,” jelas Mexi.

“Kehadiran atau keberadaan kantor
Pencarian dan Pertolongan natuna yang merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) basarnas untuk wilayah kabupaten natuna dan kabupaten anambas Diharapkan dapat menjalankan tugas pokok tersebut serta Mewujudkan apa yang menjadi tujuan negara yaitu rasa aman dan selamat,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan SAR, lanjut Mexi, Tentunya hal tersebut tidak akan mungkin terwujud atau tercapai apabila basarnas melaksanakan tugas-tugas tersebut sendiri dengan memperhatikan beberapa kekurangan yang ada.

“tugas sar adalah tugas kita bersama dimana para Stakeholder turut serta di dalamnya. oleh karena itu, melalui beberapa fungsi yang kami miliki yakni menjalin hubungan kerja sama dalam rangka koordinasi dan melaksanakan pembinaan kepada para potensi pencarian dan pertolongan yang diharapkan dapat merapatkan barisan
Guna tugas bersama tersebut,” Ujarnya.

“adapun contoh fungsi tersebut seperti saat ini yaitu menyelenggarakan pembekalan kepada para potensi sar tentang prosedur dan teknik-teknik
Penyelematan dalam suatu pelatihan singkat. kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap
Tahunnya dalam rangka merekrut dan membina para potensi Sar (personil) yang mempunyai kesamaan pola pikir dan Pola tindak dalam pelaksanaan tugas pencarian dan Pertolongan,” Jelasnya.

Untuk itu, melalui workshop ini, mexi mengharapkan menjadi stimulus bagi para stakeholder untuk lebih menyadari akan pentingnya keselamatan serta menjadi Sarana mempererat tali silahturahmi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas masing-masing.

Kegiatan Workshop ini akan berlangsung selama 5 hari (26-27 November kegiatan Workshop dan 28-30 November, dilaksanakan kegiatan Pelatihan SAR). Sedangkan Peserta Whorkshop Potensi SAR diikuti dari komunitas, organisasi.

Sementara rapat Koordinasi dan Latihan SAR Daerah Natuna 2019 dikuti oleh sejumlah instansi Vertikal seperti TNI-POLRI, Instansi Pemerintahan, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top