Connect with us

SuaraKepri.com

Krisis Air Bersih Landa Desa di Perbatasan, Lanal Ranai Terpanggil

Natuna

Krisis Air Bersih Landa Desa di Perbatasan, Lanal Ranai Terpanggil

Natuna, SuaraKepri.com – Kemarau yang telah berlangsung beberapa bulan di Natuna, mengakibatkan sebagian desa di wilayah Pulau Bunguran Besar mengalami krisis Air Bersih.

Salah satu desa yang hingga saat ini masih mengalami krisis air bersih yaitu desa Kelanga yang berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna.

Krisis air bersih yang sudah berlangsung kurang lebih 3 Bulan mempersulit warga melakukan kegiatan rumah tangga seperti mandi, cuci, Kakus (MCK)

Kabar krisis air bersih yang melanda Desa Kelanga ini pun sampai ke telinga Komadan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. Seakan tidak percaya kabar tersebut, Danlanal langsung memerintahkan Anggotanya untuk mengecek kabar tersebut ke Desa yang berpenduduk lebih kurang 1000 jiwa.

“Saya dapat kabar baru kemarin dari anggota saya. Maka saya perintahkan untuk melihat secara langsung ke desa'” Ucap Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, saat kegiatan penyaluran Air Bersih di Aula Desa Kelanga. Rabu (02/10) Pagi.

Dihapan Camat, Kades, BPD dan masyarakat, Danlanal menyampaikan bahwa Lanal Ranai akan berusaha membantu warga desa Kelanga dalam mengatasi krisis ini.

“Kalau kami bisa bantu, kami akan bantu,” ucapnya.

Danlanal meminta masalah air bersih menjadi prioritas Pemerintah. Ia pun merasa miris mendengar sudah berbulan-bulan warga mengalami krisis air.

“Saat ini sudah mulai Hujan, miris melihat di sini kekeringan, sedangkan di daerah lain melipah,” Ujarnya

Untuk itu, Lanal Ranai berkomitmen akan terus menyuplai air bersih bagi warga Desa Kelanga.

“nanti hubungi, jika ada kekurangan air,” Cetusnya.

Danlanal menyarankan pihak desa bisa menyiapkan Bak atau tempat penampungan air, supaya anggotanya bisa langsung menyuplai air bersih ke Penampungan.

“Kalau ada bak penampung, maka tidak perlu lagi di salurkan kerumah warga. Dengan demikan distribusi air bersih menjadi cepat dan warga tidak kekurangan air bersih lagi,” ucapnya.

Kepala Desa Kelanga, Arifianto S.IP mengucapkan terimakasih kepada Lanal Ranai yang sudah membantu mengatasi krisis air bersih di desa Kelanga

“Kami desa Kelanga sudah berbulan-bulan sangat susah air. Kemarau kali ini sangat mempersulit warga kami,” Ucapnya

Ia meminta kepada pihak lanal ranai terus menyuplai air bersih hingga krisis air bersih ini berakhir.

“Kontur tanah di desa kami ini adalah pasir, jadi kalau kemarau sumur langsung kering. Maka dari itu kalau bisa penyaluran air di lanjutkan,” Pintanya.

Di jelaskan Arifianto, sebenarnya krisis air bersih ini bisa diatasi jika Pipa penyaluran air bersih dari Bak Penampung yang berasa di Desa Ceruk sampai ke Desa Kelanga.

“Ada bak penampungan di desa Ceruk, tapi jaraknya jauh, lebih kurang 7 Kilo. Desa tidak mampu jika tanpa bantuan Pemerintah,” Jelasnya.

Untuk mengatasi Krisis Air bersih bagi 297 KK. Lanal Ranai mengerahkan 2 (Dua) Unit Mobil Tangki dan 1 (Satu) Unit Mobil Pemadam Kebakaran ke desa Kelanga untuk menyalurkan air bersih ke rumah warga.

Laporan : M. ROZALI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top