Connect with us

M Nizar Ingatkan Antisipasi Lonjakan Penumpang Sebelum Bloking Area

Lingga

M Nizar Ingatkan Antisipasi Lonjakan Penumpang Sebelum Bloking Area

Lingga, SuaraKepri.com – Dengan meningkatnya jumlah kasus temuan positif corona virus (Covid-19) di Indonesia, Bupati Lingga, Alias Wello, S.Ip M.tr I.P, akhirnya mengambil kebijakan tegas dengan Bloking Area di seluruh pelabuhan domistik.

“Berdasarkan data yang disampaikan operator kapal, 2 (dua) hari terakhir ini terjadi penurunan penumpang,” kata Bupati Lingga Alias Wello.

Lanjut dia, saat ini Pemerintah Kabupaten Lingga, tidak memiliki alat untuk memastikan siapa saja yang sudah terpapar Covid-19 ini, dengan alasan itu lah ia mengambil keputusan untuk melakukan Bloking Area.

“Kalau sehat atau tidak sehat, kita tidak punya data detail, suhu tubuh tidak dapat kita jadikan pembanding, seperti yang disampaikan Dr. Indra tadi, panas tinggi, batuk Flu, bukan parameter, tadi saya juga sempat baca, Bupati Karawang tidak mengalami gejala apapun tapi positif corona,” ucapnya dengan gelisah.

Intinya, kata Awe sapaan akrabnya, Pemkab Lingga tidak akan tinggal diam dan berdiam diri, jika nantinya terdapat hal-hal yang sifatnya insidentil emegency, maka Pemkab Lingga akan sigap menyediakan transportasi.

“Blocking area (penyetopan kapal) perlu sosialiasikan agar tidak ada gejolak terkait kebijakan ini,” ujarnya

Mendukung kebijakan Bupati Lingga, Wakil Bupati Lingga, M. Nizar, S.sos dengan tegasnya ia meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) dan intansi lainnya, untuk bekerja maksimal dengan melakukan pengecekan secara berkala penumpang yang akan masuk ke Lingga.

“Dalam waktu 5 hari ini setelah pemda melakukan upaya deteksi suhu tubuh dipelabuhan domestik, saya ingin tahu penumpang yang masuk ke Lingga bertambah atau stagnan, saya juga mau tau dari pengukuran suhu tubuh penumpang mengarah kemana, sehat atau tidak sehat, jadi kita dapat memetakan biar ada pembandingnya,” tegas dia.

Sementara itu, Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Zulfahmi, SE M.tr Hanla
Mendukung segala kebijakan pemerintah pusat dan daerah, ia berpendapat jika keputusan ini adalah hal yang tepat untuk mengantisipasi penyebaran corona virus.

“Kita ini kan mengikuti programnya pemerintah, (antisipasi penyebaran virus corona) kita harus bertindak tegas dengan alasan itu, karena ini bukan keputusan Lingga, ini kita harus tegas dan konsisten melakukan blocking area,” imbuhnya

Penulis : Febrian S.r

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top