Connect with us

Mantap, Beijing University Hadir di Bintan

Bintan

Mantap, Beijing University Hadir di Bintan

Bintan, SuaraKepri.com – Beijing University Tiongkok atau lebih dikenal Peking University hadir di Kabupaten Bintan, lebih tepatnya kawasan Indonesia Stret City, Batu Licin.

Sunny Sukardi selaku Presiden Direktur Indonesia Street City (ISC), mengatakan bahwa Perusahaan ISC ini adalah pengelola kawasan wisata Sun Resort, Batulicin, Bintan Timur.

“Saya pulang kampung, ingin membangun kampung halaman demi keturunan kita kedepannya. Investasi ini sudah dirintis sejak tahun 2010 lalu,” ujar Sunny Sukardi yang juga bos dari Resort Bukit Kemunting, disela-sela peresmian University Beijing Internasional di Bintan, hari Jumat (22/11).

Di sekitar kawasan seluas kurang lebih 1.200 hektare ini, merupakan area pertanian rakyat.

Kini, di kawasan ini sudah berdiri beberapa resort, dengan penataan modern. Ke depan, Sun Resort yang sudah diubah menjadi kawasan wisata Bukit Kemunting ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Sunny Sukardi menyampaikan, selain hotel dan resor untuk sektor pariwisata, di Batulicin akan dibangun pusat permukiman (properti), bisnis dan pendidikan. Bahkan, dibangun rumah sakit swasta dengan standar pelayanan internasional. Pengembangan kawasan itu, memerlukan 20 ribu tenaga kerja.

“Untuk pembangunan dunia pendidikan saja, kita tidak hanya membangun universitas atau pendidikan tinggi saja, tetapi juga membangun pendidikan dari tingkat dasar, seperti SD dan Paud,” jelasnya.

Sunny Sukardi tertarik pulang ke kampung Batu Licin, untuk membawa yang terbaik bagi masyarakat Bintan, dan Indonesia pada umumnya.

“Meski sudah sembilan tahun Sun Resort berjalan, masih ada hambatan perizinan. Justru itu, diperlukan dukungan dari pemerintah dan semua pihak terkait, serta masyarakat,” tambahnya.

Hadir juga dalam acara peresmian ini, tim akademisi dari Beijing University Tiongkok akan melakukan survei di Batu Licin, untuk pendirian universitas itu.

“Untuk pendidikan kita akan bangun seluas 30 hingga 50 hektar. Satu kebanggaan daerah kita bisa terpilih oleh Universitas Beijing untuk membangun disini dengan investasi pertama USD 200 juta dolar,” tegasnya.

Universitas di Batu licin Bintan ini, bakal membuat kerja sama dengan Beijing University, dalam pengembangan sektor pendidikan. Terutama untuk bidang pariwisata dan sains teknologi.

Ia pun sangat berharap adanya dukungan dari pemerintah, terutama pemerintah daerah setempat.

“Restu dari kedutaan atau pemerintah pusat sudah kita dapatkan, tinggal dari pemerintah setempat,” ungkapnya.

Hadir dalam acaranya ini Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum mewakili Plt. Gubernur Kepri dan turut meresmikan.

Continue Reading
Advertisement
Baca juga berita berikut...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Bintan

To Top