Connect with us

SuaraKepri.com

Menko Polhukam RI Gelar Rapat di Kantor Bupati Natuna

Natuna

Menko Polhukam RI Gelar Rapat di Kantor Bupati Natuna

Natuna, suarakepri.com – Menko Polhukam RI, Mahfud MD didampingi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto beserta rombongan menggelar Rapat Kerja dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Natuna, Kamis sore (6/02), di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna,

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD menerangkan, seluruh WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China dan saat ini sedang menjalani masa observasi di Hangar Barat Lanud RSA dalam kondisi sehat. Kemudian berdasarkan standar penanganan kesehatan Virus Corona, harus diobservasi selama 14 hari sesuai dengan ketentuan WHO.

Memang diakui terjadi miskomunikasi informasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, terutama terkait keterbukaan informasi dan sosialisasi yang menimbulkan penolakan dari masyarakat.

Mahfud MD menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi tuntutan masyarakat Natuna sudah dipenuhi. Diantaranya memberikan kompensasi jaminan kesehatan seperti Posko Layanan Kesehatan darurat, mendatangkan tenaga psikiater dan Menteri Kesehatan berkantor di Natuna selama masa observasi.

Dirinya juga berharap agar masyarakat Natuna dapat terus memonitor informasi terkini dan bijak dalam menyikapinya, tidak terpengaruh pada berita yang bersifat Hoaks yang akan menambah keresahan ditengah masyarakat.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto juga menyampaikan dirinya akan menjadi jaminan paling terdepan atas nama Negara untuk menghilangkan keresahan masyarakat yang terjadi saat ini.

Keputusan ini cepat diambil oleh Pemerintah Pusat setelah mendapatkan isyarat dari Pemerintah Cina untuk mengevakuasi WNI, mengingat lokasi yang dipakai adalah fasilitas militer yang dirasa tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyampaikan posko pengaduan kesehatan sudah dibangun di beberapa titik di Bunguran besar dan dirinya juga menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna untuk membuat posko layanan kesehatan di kecamatan – kecamatan di luar Pulau Bunguran besar.

Hamid Rizal juga menjelaskan bahwa kondisi saat ini sudah terbilang kondusif, setelah masyarakat mendapatkan penjelasan dari pemerintah pusat mengenai Virus Corona.

Dalam lawatan resmi Rombongan Kemenko Polhukam RI di Kabupaten Natuna, Mahfud MD beserta rombongan berkesempatan menghadiri Doa dan Zikir Bersama “Dari Natuna Selamatkan Indonesia” yang digelar di Masjid Agung Natuna, Ranai Kamis (06/02) malam).(SK/ADV/Rozali)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top