Connect with us

MUI Gelar Sosialisasi Pembinaan Sadar Halal Untuk Pengusaha Natuna

Natuna

MUI Gelar Sosialisasi Pembinaan Sadar Halal Untuk Pengusaha Natuna

Natuna, suarakepri.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Natuna mengelar giat Sosialisasi Pembinaan Sadar Halal Untuk Pengusaha Kabupaten Natuna. Sabtu (02/11) Bertempat di Ruang Aula Lantai 4 STAI Natuna.

Tujuan sosialisasi ini untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Produk Halal dalam berusaha dan memberikan kenyamanan, keamanan dan kepastian dalam ketersedian produk halal kepada Masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana, H. Kartubi, S.E.,M.E.I menjelaskan kegiatan sosialisasi ini berdasarkan Undang-undang No. 33 Tahun 2014 tentang Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 168.

Selain itu, Sekda Kab. Natuna, Wan Siswandi, S.Sos., M.Si mewakili Bupati Natuna dalam sambutannya menjelaskan bahwa Agama Islam memiliki aturan tentang makanan halal dan menghindari segala hal yang dilarang dalam ajaran Agama Islam.

Masalah kehalalan menjadi isu penting pada suatu produk yang beredar di Indonesia.

“Produk yang di pasarkan apabila dapat berkembang pesat atau justru tumbang seketika apabila kabar ketidak kehalalan berhembus,” ujarnya Siswandi.

“Oleh karena itu melalui kegiatan sosialisai ini diharapkan pada para peserta dapat mengikuti dengan baik dan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap pengusaha-pengusaha akan pentingnya produk halal dalam berusaha,” tambahnya.

Kemudian Ia juga berharap kepada Kabag Kesra agar membuat program kerja terkait dengan lembaga MUI.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Kab. Natuna, Mustafa Sis, S.Pd.I mengucapkan terima kasih untuk seluruh panitia yang telah bekerja sama sehingga acara yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar dan kami juga mengucapkan ribuan terimakasih untuk seluruh peserta Sosialisasi Pembinaan Sadar Halal yang sempat hadir pada pagi hari ini.

“Kami juga memohon maaf jika selama dalam kegiatan ini ada terdapat kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja tolong dimaafkan sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Kegiatan yang di ikuti sebanyak 60 Orang peserta dari 4 (Empat) Kecamatan yaitu Kec. Bung. Timur, Kec. Bung. Timur Laut, Kec. Bung. Tengah, Kec. Bung. Selatan.

Adapun materi yang disampaikan yaitu Materi Regulasi Sertifikasi Produk Halal disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Natuna Materi Pembinaan Sadar Halal disampaikan oleh MUI Prov. Kepri, Materi Prosedur dan Penilaian Produk Halal disampaikan oleh LPPOM MUI Kepri, Materi Pentingnya Halal Food Bagi Masyarakat disampaikan oleh Ka. Disperindag, Koperasi dan Usaha MikroMateri Orisinil Produk dan Makanan Sehat disampaikan oleh Ka. Dinkes dan Keluarga Berencana.

Laporan : M. Rozali

Continue Reading
Advertisement
Baca juga berita berikut...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top