Connect with us

Natuna Menuju Unesco Global Geopark

Natuna

Natuna Menuju Unesco Global Geopark

Natuna – Kabupaten Natuna telah di terapkan sebagai kawasan Geopark Nasional pada 2018 tahun lalu oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Ditetapkannya Natuna sebagai kawasan Geopark Nasional bukan tanpa alasan. Kabupaten terdepan NKRI ini memiliki kekayaan alam yang tidak terhingga.

Menyanyi lagu Indonesia Raya

Di pulau ini Anda bisa menemukan batu granit berukuran raksasa yang berusia lebih dari 100 juta tahun, yang sangat mungkin untuk dijadikan sebagai geopark maritim Indonesia.

Dengan kekayaan alam yang dimiliki, bukan tidak mungkin Kabupaten yang memiliki penduduk lebih kurang 75 Ribu Jiwa ini Menuju Unesco Global Geopark.

Apalagi mengingat Natuna 99 persen adalah wilayah laut, maka wisata bahari tentu bakal tetap jadi highlight.

Setelah di tetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna tidak mau ketinggalan dari daerah lain demi gelar Unesco Global Geopark. Persiapan demi persiapan mulai dilakukan, salah satunya melaksanakan seminar Geopark.

Bupati Natuna, Hamid Rizal menyampaikan pidato sambutannya

“Target pemerintah daerah untuk mengembangkan Geopark Nasional menjadi Geopark UNESCO,” Ucap Bupati Natuna, Drs H. Hamid Rizal sewaktu membuka Seminar Geopark di gedung Sri Serindit Ranai, 08 Oktober 2019.

Menurut Hamid, Natuna siap untuk menjadi UNESCO Global Geopark 2020. Pengajuan kawasan ini nantinya akan mencakup keseluruhan Kabupaten Natuna, tak hanya di pusat kota seperti Ranai.

Hamid menuturkan, dengan meningkatnya status Geopark maka tingkat wisatawan juga akan meningkat, baik lokal, maupun mancanegara.

“pemkab mengupayakan pengelolaan deretan destinasi wisata ini nantinya melibatkan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

“Karena, swadaya masyarakat dalam pembangunan dan perawatan sejumlah tujuan wisata terus diharapkan meningkat. Pemkab berkomitmen membantu, yakni lewat ragam penyuluhan yang diberikan soal wisata berkelanjutan,” tambahnya.

Laporan : M. Rozali

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top