Connect with us

Ombudsman Kepri Sosialisasi SP4N di Natuna

Natuna

Ombudsman Kepri Sosialisasi SP4N di Natuna

Natuna, suarakepri.com – Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau, Agung Setio Apriyanto mengatakan, Ombudsman merupakan lembaga resmi pemerintah sesuai dengan Undang-undang.

Hal ini disampaikannya pada saat kegiatan sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) – LAPOR di Kabupaten Natuna. Bertempat di ruang rapat kantor Bupati, Kamis (17/10/2019).

Dijelaskannya bahwa Ombudsman bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik, baik pada instansi pemerintah maupun pihak swasta.

“Sampai sekarang banyak masyarakat yang mengira kalau Ombudsman ini adalah LSM. Padahal bukan, ini lembaga resmi pemerintah”, ujar Agung.

Dalam prakteknya, dahulu instansi vertikal ini menerima pengaduan secara manual dari masyarakat. Kemudian baru ditindak lanjuti ke lapangan.

“Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, sekarang layanan pengaduan sudah dibuat secara online. Dalam hitungan menit, aduan masyarakat bisa diterima Ombudsman,” jelasnya.

Kanal pengaduan berbasis online ini, tambah agaung, dibuat berdasarkan kebutuhan sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 2009. Dalam Pasal 21, mewajibkan untuk membuat pengaduan pelayanan publik.

“kita mengawasi sejauh mana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Dengan pengawasan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan”. tambahnya

Agung mengakui, pihaknya terkadang menyamar sebagai masyarakat, guna memperoleh informasi dan mengetahui secara langsung kualitas pelayanan publik.

Tampak yang ikut menghadiri kegiatan sosialisasi diantaranya, Diskominfo Natuna dan sejumlah Camat, Lurah, Kades dan BPD Natuna.

Laporan : M. ROZALI

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top