banner 728x250

Marwah Dan Pendewasaan

  • Share
Mori Guspian, Pimred

Oleh: Mori Guspian, Penanggung Jawab dan Pimpinan Redaksi Suara Kepri

Manusia. Mungkin kata tersebut kini harus paling utama dan terdepan diletakkan.

banner 336x280

Hal ini mengingat telah terjadinya gerakan spontanitas yang dilakukan oleh sebagian Insan Pers yang peduli akan nasib dan marwahnya.

Insan Pers juga manusia yang memiliki perasaan dan harga diri yang harus dijunjung tinggi sebagai pilar keempat.

Apalagi insan pers kini secara nasional juga berduka dengan berbagai kejadian peristiwa. Baik itu penembakan wartawan di Sumatera Utara mengakibatkan seorang wartawan itu wafat, di Tanggerang oknum Kadispora yang hendak memukul wartawan dan kejadian lainnya.

Sementara itu, di Tanjungpinang, kota Gurindam, Insan Pers begitu terhenyak batinnya saat membaca sebuah tulisan di sebuah media online, pada hari Minggu pagi,  20 Juni 2021.

Tulisan karya jurnalistik di beberapa media online cukup miris dan merasa Marwah Insan Pers cukup dikerdilkan.

Statement Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.Ip dari isi berita itu begitu tendensius bagi pekerja pers.

Manusia. Walikota Tanjungpinang, Rahma sebagai kepala daerah, mereka juga melihat sebagai seorang manusia.

Insan Pers yang spontanitas membentuk Aliansi Peduli Insan Pers untuk aksi damai meminta klarifikasi dan kebenaran dari isi berita tersebut. Hal ini menimbang dan melihat sosok Rahma juga seorang manusia yang dipercaya atau diamanahkan untuk memimpin kota ini.

Klarifikasi memang telah dibuat oleh pihak Pemko Tanjungpinang melalui Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang, mewakili Walikota, Rahma.

Tetapi atas klarifikasi itu tidak memunculkan kepuasan dan keterangan yang tidak lengkap terkait statement Walikota serta peristiwa yang terjadi.

Dari Aksi damai, hingga berubah Audensi/dialogis damai dari gerakan ini. Dikarenakan Aliansi Peduli Insan Pers Kota Tanjungpinang sebagai manusia berintelektual dan berwawasan mengedepankan etika untuk mengikuti peraturan ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Ditengah proses gerakan meminta klarifikasi dan kebenaran ini, Aliansi Peduli Insan Pers sempat mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan klarifikasi melalui audensi.

Tetapi Aliansi Peduli Insan Pers tetap ingin mendapatkan klarifikasi atau kejelasan dari Rahma langsung, bukan melalui perwakilan.

Hingga mereka akhirnya hanya menyerahkan surat pernyataan bersama sebagai somasi menunggu klarifikasi atau jawaban Rahma selama 2 X 24 Jam.

Dari gerakan Aliansi Peduli Insan Pers Kota Tanjungpinang, berharapan agar jawaban itu dapat diberikan oleh seorang, Rahma.

Bagi mereka gerakan bukan untuk menjustifikasi ataupun menghakimi seseorang, dimana manusia tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan.

Tetapi murni sebuah gerakan untuk mendapatkan penyampaian sebuah kebenaran dari statement atau peristiwa yang terjadi.

Aliansi Peduli Insan Pers Kota Tanjungpinang juga berharapan dari gerakan ini proses pendewasaan diri sebagai manusia, baik itu Rahma sebagai Kepala Daerah dan Insan Pers yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dari kata acap kali menyudutkan dirinya, semoga Rahma mendapatkan penyadaran agar bisa lebih dewasa dan bertambah pengetahuannya terkait kerja atau kinerja insan pers. Dan secara ksatria memberikan klarifikasi dan kejelasan secara langsung, dengan begitu pun tidak menjatuhkan marwahnya sebagai pemimpin, tetapi menunjukkan kewibawaannya sebagai Kepala Daerah.

Agar kelak dari akibat perbuatan oknum insan pers yang segelintir, tidak menjustifikasi pers lainnya. Ibarat pepatah “Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga“.

Bila itu terkait pemberitaan, semoga Rahma lebih memahami kerja dan kinerja pers itu berdasarkan ketentuan Undang-undang No. 40 tentang Pers dan kode etik jurnalis. Dimana Rahma juga dapat mengklarifikasi pemberitaan terkait dirinya hingga bisa melakukan somasi.

Dengan adanya Aliansi Peduli Insan Pers Kota Tanjungpinang ini dari berbagai lintas media dan insan pers, semoga bisa lebih meningkatkan silaturahmi serta kebersamaan.

Agar peristiwa ini tidak kembali terjadi, dan profesi pers dapat dijunjung tinggi dan dihormati oleh berbagai kalangan.



banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *