Connect with us

SuaraKepri.com

Pakai lambang Garuda, Prabowo-Hatta dilaporkan ke Mabes Polri

Nasional

Pakai lambang Garuda, Prabowo-Hatta dilaporkan ke Mabes Polri

SuaraKepri.com – Kubu Jokowi-JK melaporkan Prabowo-Hatta ke  Bareskrim Mabes Polri. Laporan terkait dengan tindakan penyalahgunaan lambang negara berdasarkan dikutip dari Merdeka.com.

“Yang dilaporkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta dan ketua pemenangan Mahfud MD. Mereka dianggap melanggar penggunaan lambang negara itu seharusnya hanya digunakan oleh pejabat negara atau WNI di luar negeri yang membawa nama Indonesia,” kata Kepala Divisi Hukum dan Konstiusi Projo, Sunggul Hamonangan Sirait di Bareskrim Polri, Senin (9/6).

Menurut Sunggul, lambang Garuda tersebut sengaja digunakan untuk memperalat masyarakat agar memilih mereka. Sunggul juga menuding ketiganya salah menempatkan lambang tersebut.

“Memasang di baju di sebelah kanan, padahal disebut atribut di kiri , ini mengambil keuntungan karena menyerupai lambang negara. Bisa menyesatkan seolah ini adalah pejabat negara. Ada semacam pendomplengan penyalahgunaan yang kita laporkan” kata dia.

Untuk memperkuat laporan, Sunggul telah membawa beberapa alat bukti yang sering digunakan ketiga orang tersebut. “Bawa bukti dari media sudah disertakan,” imbuhnya lagi.

Pasal yang dilaporkan penggunaan lambang negara atau menyerupai lambang negara tidak secara sah pasal 57 huruf C UU 24 tahun 2009 tentang lambang negara JO 69 huruf B.

[sk]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Nasional

To Top