Connect with us

Pelatihan Kerja Solusi Pemerintah Kurangi Tingkat Pengangguran

Nasional

Pelatihan Kerja Solusi Pemerintah Kurangi Tingkat Pengangguran

SuaraKepri.com – Tekad pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia semakin besar. Hal ini dapat dilihat dari sering digaungkannya program pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Dalam penyelenggaraannya, Kementerian Ketenagakerjaan didukung pula oleh International Labour Organization (ILO), yakni organisasi tenaga kerja internasional yang memiliki spesialisasi dalam bidang ketenagakerjaan, lebih khususnya mempromosikan standar kerja yang layak dan keadilan sosial yang berada di bawah naungan PBB.

Pelatihan kerja yang diselenggarakan ini telah tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia dan didanai oleh pemerintah, sehingga para peserta pelatihan kerja tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Bahkan untuk peserta yang berasal dari luar kota/pulau, disediakan asrama dan tiket untuk pulang-pergi selama mengikuti pelatihan kerja ini.

Pelatihan kerja ini tidak hanya mengajarkan bagaimana meningkatkan keahlian secara teknis tetapi juga bagaimana meningkatkan soft skills agar bisa bersaing di dunia kerja kelak.

Adapun kejuruan yang disediakan dalam program pelatihan kerja ini, seperti teknik sepeda motor, teknik komputer, perakitan handphone, pemasangan jaringan komputer, tata busana, teknik elektro, tata boga, teknik mesin pendingin, desain grafis, teknik konstruksi dan masih banyak lagi. Selama masa pelatihan, peserta akan diberikan bantuan peralatan pendukung pembelajaran. Pelatihan kerja ini diselenggarakan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di berbagai daerah.

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, di mana dalam hal ini bekerja sama dengan ILO untuk menjadi perantara bagi para perempuan yang ingin meningkatkan kemampuan dan keahlian sebagai bekal untuk terjun dalam dunia kerja.

Di akhir masa pelatihan, peserta akan mengikuti ujian kompetensi untuk dapat dikatakan layak memiliki keahlian dalam suatu bidang. Apabila peserta lulus ujian kompetensi, akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang akan berlaku selama tiga tahun. Namun apabila peserta tidak lulus, akan tetap mendapatkan surat keterangan telah mengikuti uji kompetensi. Pemerintah berharap dengan adanya program pelatihan kerja ini, dapat menekan angka kemiskinan dengan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia, serta membentuk pribadi masyarakat yang mandiri.

Sumber: Liputan6.com / TheJakartaPost.com

Continue Reading
Advertisement
Baca juga berita berikut...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Nasional

To Top