Connect with us

SuaraKepri.com

PJ. Sekda Natuna Buka Kegiatan KMD

Natuna

PJ. Sekda Natuna Buka Kegiatan KMD

Natuna, suarakepri.com – Mewakili Bupati Natuna, PJ. Sekda Natuna, Hendra Kusuma membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Senin (06/10) di Aula Asrama Haji Natuna.

Dalam sambutannya, PJ. Sekda Natuna, Hendra Kusuma mengatakan pelaksanaan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar merupakan amanah undang- undang nomor 12 tahun 2010, tentang gerakan Pramuka dan berpedoman kepada keputusan Kwartir nasional gerakan Pramuka nomor 048 tahun 2018 tentang sistem pendidikan dan pelatihan kepramukaan.

 

Kemudian, lanjut hendra, perlu dipahami juga bahwa kursus Pembina Pramuka Mahir dasar ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Natuna untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan kepramukaan pada pendidikan dasar dan pendidikan menegah sebagaimana yang diamanatkan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 63 tahun 2014.

 

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan Pembina Pramuka dalam mengasuh atau mendidik, membina dan melatih peserta didik dalam satuan pendidikan serta dalam satuan pembinaannya sendiri,” jelasnya.

 

Sambung hendra, Pemerintah daerah menaruh harapan besar dan sekaligus menjadi tugas mulia bagi gerakan Pramuka untuk lebih berperan aktif dalam pembinaan karakter generasi muda indonesia, dalam memupuk semangat bela negara dan rasa cinta tanah air, sebaimana yang tertuang dalam 10 pilar Kode Kehormatan Pramuka atau yang dikenal dengan “Dasa Darma Pramuka”

 

“oleh Karenanya, besar harapan saya, agar kakak kakak sekalian dapat memanfaatkan momentum kali ini untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam proses pembinaan gerakan Pramuka di masing-masing gugus depan,” harapnya.

 

Untuk itu, Hendra mengajak agar gerakan Pramuka menjadi organisasi kepanduan yang lebih menarik dan diminati, menjadikannya media pembekalan dan pembentukan mental serta katakter generation muda yang berkualitas, berdaya saing dan berbudi pekerti luhur.

Adapun kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan olahraga kabupaten Natuna, diikuti 40 peserta dari Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur laut, bunguran selatan, bunguran tengah dan bunguran batubi dan akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai tanggal 06-10 Oktober di Komplek Mesjid Agung Gerbang Utaraku. (Rozali)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top