Connect with us

Positif Gunakan Narkoba, 2 ABK KLM. Sinar Natuna Diserahkan Ke Polres Natuna

Natuna

Positif Gunakan Narkoba, 2 ABK KLM. Sinar Natuna Diserahkan Ke Polres Natuna

Natuna, SuaraKepri.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai mengelar konferensi pers kronologis penangkapan KLM. Sinar Natuna oleh KRI. Cut Nyak Dien di perairan selatan pulau sedanau. Jumat Sore (11/01) Di Mako Lanal Ranai.

“Pada hari Rabu, tanggal 9 kemarin, KLM. Sinar Natuna sedang melaksanakan lintas laut di perairan selatan Pulau Sedanau. Oleh pengawas, kapal tersebut dipantau dan diikuti gerakannya dengan menggunakan radar JRC dan teropong,” ucap Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Herry Setyawan.

Kemudian KRI. CND langsung menghampiri dan melakukan pemeriksaan baik terhadap muatan maupun kelengkapan dokumen kapal.

“Hasil pemeriksaan diduga KLM. Sinar Nutuna tidak memiliki SIUPER, surat izin trayek serta membawa muatan tidak sesuai manifest diantaranya sepeda motor, minuman keras oplosan 18 kantong plastik masing-masing 3 liter,” jelasnya.

“Selain membawa barang tidak sesuai aturan, Tim Pemeriksa juga menemukan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 1 gram di dalam sepatu,” tambahnya.

Atas dasar pemeriksaan tersebut maka Komandan KRI Cut Nyak Dien – 375 memerintahkan agar kapal tersebut dikawal menuju Posal Sabangmawang guna penyelesaian perkara lebih lanjut.

“Kemudian dilaksanakan pemeriksaan uriene terhadap Nakhoda dan ABK KLM Sinar Natuna sebanyak enam orang. Hasil pemeriksaan, 2 ABK berinisial AN dan WI positif Urinenya mengandung Zat Adiktif Narkoba Metafitamin/Shabu-shabu,” jelas Danlanal.

Untuk penanganan lebih lanjut kata Danlanal, “hari ini langsung kita laksanakan serah terima dua tersangka AN dan WI dengan barang bukti Narkoba jenis Sabu-sabu kepada Polres Natuna,” tutupnya.

Sementara itu Kapolres Natuna AKBP. Nugroho Dwi Karyanto. SIK. dalam kesempatan itu mengatakan jika terbukti menyimpan, memiliki, apa lagi penyalahgunaan nakotika akan dikenakan ancaman hukuman minimal 4 Tahun.

” Saat ini kami belum bisa memberikan keterangan lebih banyak terkait kasus ini, karena akan kita tindak lanjuti terlebih dahulu, hari ini baru proses serah terima,” ucap Kapolres.

Hadir pada saat konferensi pers diantaranya Kasat Narkoba Polres Natuna, Pasintel Lanal Ranai, sejumlah anggota AL dan Polres Natuna.

Laporan M. Rozali

Danlanal dan Kapolres Natuna saat menggelar konferensi pers. F. Rozali
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top