Connect with us

PPDB Dimulai 13 Juli Mendatang, Kadisdik Lingga Gunakan Sistem Daring&Zonasi

Lingga

PPDB Dimulai 13 Juli Mendatang, Kadisdik Lingga Gunakan Sistem Daring&Zonasi

Lingga, SuaraKepri.com – Sebanyak 1598 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiya (MTs) se – Kabupaten Lingga sudah dinyatakan lulus pada hari Jum’at 05 Juni 2020 yang lalu meski ditengah wabah corona virus (Covid-19), Rabu (24/06/20).

Meski kelulusan itu dinyatakan aman, namun nampaknya tren kewaspadaan masyarakat kembali diuji, pasalnya pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) T.P 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang.

Hal ini mengacu pada Perbub No.25/2020. Dan Surat Kepala Dinas Pendidikan Lingga No.030/KPTS/III/2020 tentang Juknis Pelaksanaan PPDB T.P 2020/2021. PPDB sendiri dimulai tertanggal 29 Juni s.d 4 Juli 2020 dengan sistem zonasi dari semua jenjang satuan pendidikan terkecuali TK.

“PPDB tetap dilaksanakan tapi dengan berlakukan sistem Daring/Online, kecuali daerah Hinterland dan jumlah murid sedikit, itu guru yang mendatangi ke rumah karna tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah kerumunan massa,” kata Junaidi Adjam kepala Disdik Lingga kepada Suarakepri.com.

“Kemudian syarat umur SD paling rendah 6 tahun atau 5 tahun, 6 bulan per 1 juli 2020 dengan melampirkan surat dari psycolog, artinya secara kecerdasan dan bakat istimewa secara tertulis,” tambah dia.

Junaidi menjelaskan, meski di tengah wabah virus corona seperti sekarang ini, Disdik Lingga tidak akan membedakan penerimaan siswa baru dengan sistem baru dan akan tetap menggunakan sistem yang sudah berjalan selama ini.

“Tidak ada cara khusus. Mengingat Lingga masih minim siswa baru yang masuk di jenjang satuan pendidikan, dan sesuai instruksi mendiknas. Tahun pelajaran 2020/2021 tetap dimulai tanggal 13 Juli 2020. Namun untuk proses belajar mengajar tatap muka masih menunggu petunjuk akhir,” jelasnya.

Sementara itu, untuk orang tua murid yang akan mendaftarkan anaknya, untuk tidak terlalu panik dan tetap mentaati protokoler kesehatan, apalagi saat ini tengah memasuki transisi kebiasaan baru (New Normal).

“Sama seperti tahun tahun sebelumnya. Ada sekolah yang sistem daring dan ada yang mendaftar langsubg ke satuan pendidikan berdasarkan zonasi yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Penulis : Febrian S.r

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top