Connect with us

Pulau Laut Akan Dibangun Pos Unit Siaga SAR

Natuna

Pulau Laut Akan Dibangun Pos Unit Siaga SAR

Natuna, suarakepri.com – Basarnas berencana akan membangun Pos Siaga SAR di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

Untuk memastikan titik lokasi pembagunan Pos tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, Mexianus Bekabel, Sos langsung mengunjugi Kecamatan Pulau Laut pada Selasa (9/6).

Dibangunnya Pos Siaga SAR di Kecamatan paling dekat dengan Pulau Sekatung dan Pulau Semiun yang merupakan pulau terluar ini sebagai langkah mempercepat memberikan pertolongan jika terjadi Kecelakan Laut.

“Rencana kita akan bangun Pos Unit Siaga SAR di Pulau Laut, hal ini terkait dengan wilayah ini merupakan jalur aktifitas pelayaran, dekat dengan ZEE dan sering terjadi kecelakan,” Ujar Mexi

“Jika nanti sudah ada Pos Unit Siaga SAR disini, pasti akan dapat membantu dan mempermudah operasi SAR agar dapat terlaksana dengan baik dan berjalan cepat (Respon Time),” Jelasnya.

Atas nama Basarnas Natuna, Mexi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah dalam hal ini Kecamatan Pulau Laut telah menyediakan lahan, namun Ia juga berharap dukungan Pemda Natuna terkait dengan percepatan hibah lahan rencana pembangunan pematangan lahan pada Tahun 2021.

Ia juga menegaskan bahwa pembangunan Pos Unit Siaga SAR di Pulau Laut sudah disetujui sejak diusulkan tahun lalu.

“Karena itu kita mohon kepada Pemerintah Daerah segera menerbitkan surat menyurat hibah atau Sertifikat Tanah atas nama Badan SAR Nasional Republik Indonesia, agar cepat kita bangun, tahun ini lahan sudah harus selesai”, kata Mexi Bekabel.

Ia juga menilai lahan yang akan dibangun sangat memadai dan strategis terlihat dari tata letak lahan berada didekat Kantor Koramil, Kantor Kecamatan dan Kantor Polsek pulau Laut.

Menunggu lahan dan bangunan Pos Unit Siaga SAR selesai dibangun, sementara akan ditempatkan di Kantor Dinas Perikanan di Pelabuhan Desa Air Payang pulau laut.

“Kita lagi urus surat izin pinjam pakai gedung perikanan untuk sementara waktu, sebelum gedung Pos Unit siaga SAR dibangun”, kata Kakansar.

Terakhir, Ia juga mengatakan demi mendukung oprasi SAR tidak hanya lahan didarat maupun pantai atau pelabuhan, namun dukungan kerjasama dari TNI- POLRI, PEMDA, dan Masyarakat dalam pelaksanaan Operasi SAR itu lebih penting. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top