Connect with us

SuaraKepri.com

PWI Nilai KPUD Tanjungpinang Telah Melakukan Diskriminasi Terhadap Wartawan

Tanjungpinang

PWI Nilai KPUD Tanjungpinang Telah Melakukan Diskriminasi Terhadap Wartawan

Kamsul Hasan, PWI Pusat

Kamsul Hasan, PWI Pusat

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menilai Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjungpinang telah melakukan diskriminasi terhadap wartawan saat bertugas ingin meliput sidang pleno di Gedung Muhammadyah, Km. 8 belum lama. Pihak KPUD Tanjungpinang dinilai wartawan yang berdomisili di Tanjungpinang telah bersifat tidak adil dan diskriminasi terhadap Pers.

Setiap wartawan yang ingin meliput ke dalam gedung saat sidang pleno terbuka akan dilakukan, wartawan tersebut harus menunjukkan surat undangan yang ada. Tetapi pihak KPUD Tanjungpinang hanya mengundang beberapa orang wartawan dari media tertentu.

Bahkan seorang wartawan telivisi nasional sempat ribut dengan panitia dan pihak KPUD Tanjungpinang ketika dilarang masuk untuk meliput. Pintu masuk ruang sidang pleno pun dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

Kamsul Hasan, Ketua Komisi Kopetensi Wartawan (PWI) mengatakan kepada SuaraKepri.com pada hari Selasa (22/4), apa yang dilakukan oleh KPUD Tanjungpinang adalah sama dengan diskriminasi terhadap Pers. Bahkan ia menegaskan bahwa diskriminasi yang dilakukan oleh KPUD Tanjungpinang juga sama dengan mengahalngi tugas dan hak pers.

“Kalau sidangnya bersifat terbuka dan tidak rahasia, maka KPUD Tanjungpinang telah melanggar dua UU yaitu UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers khususnya Pasal 4 ayat (2) dan (3), Junto pasal 18 ayat (1) dengan ancaman 2 tahun atau denda Rp 500 juta,” ujar mantan Ketua PWI Jakarta tersebut.

Bahkan lanjut Hasan, sebagai Badan Publik pemerintah (menggunakan APBN dan APBD), KPUD Tanjungpinang juga berpotensi melanggar UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan ancaman 1 tahun.

“Untuk melakukan pembatasan peliputan karena ruang sidang tidak memadai, maka KPUD Tanjungpinang harus bersifat adil dan tidak boleh secara sepihak,” tegasnya.

[sk]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ketua PWI Kepri Mengutuk Pengusiran Wartawan Oleh Oknum Pegawai Dispora | Portal Berita Regalianews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top