Connect with us

RATUSAN PELAJAR IKUTI PESTA SIAGA PRAMUKA

Tanjungpinang

RATUSAN PELAJAR IKUTI PESTA SIAGA PRAMUKA

TANJUNGPINANG, suarakepri.com – Sebanyak 282 anggota Pramuka yang berasal dari 47 sekolah dasar di Kota Tanjungpinang, Kamis (15/11) pagi meramaikan halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjungpinang.

Ratusan pelajar SD tersebut mengikuti kegiatan Pesta Siaga Pramuka Kota Tanjungpinang Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang. Kadispora Kota Tanjungpinang Djasman, S.Sos mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk mempersiapkan mental anggota Pramuka siaga yang akan memasuki usia remaja.

“Kita perlu melakukan pembinaan dan pembentukan karakter sejak dini, hingga nantinya anak-anak memiliki karakter unggul dan mampu menjadi generasi emas di masa yang akan datang. Kita mengharapkan kegiatan ini mampu membentuk keterampilan dan mental para anggota Pramuka siaga,” kata Djasman.

Kegiatan tersebut dibuka dengan atraksi marching band yang ditampilkan oleh para pelajar SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Pesta Siaga Pramuka dilaksanakan dalam bentuk berbagai perlombaan yaitu lomba hasta karya, lomba melukis, lomba puisi, lomba pembacaan ayat-ayat pendek, lomba bercerita, dan lomba puzzle. Seluruh kegiatan yang dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.00 sore itu dilaksanakan di halaman Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, Aula Kantor LAM Kepri, dan Kwarcab Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd ketika membuka secara resmi Pesta Siaga Pramuka Kota Tanjungpinang mengatakan perkembangan Gerakan Pramuka mengalami pasang surut, dan ada masa tertentu Gerakan Pramuka kurang dirasakan penting oleh kaum muda. Hal itu menyebabkan pewarisan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila sebagai inti dari pendidikan kepramukaan, tidak berjalan optimal.

“Pesta Siaga Pramuka ini merupakan salah satu pembentukan karakter untuk membentuk jiwa serta karakter anak yang tangguh. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengkaderan yang sangat penting sebelum naik ke jenjang yang lebih tinggi. Kader Pramuka yang handal, terampil, dan berdedikasi merupakan bagian penting dalam pembangunan,” tutur walikota.

Lebih jauh H. Syahrul, S.Pd mengharapkan agar kegiatan Pesta Siaga Pramuka benar-benar mampu membentuk generasi muda emas dengan kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga kesatuan bangsa serta lingkungan hidup.

“Kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti kegiatan. Apa-apa yang anak-anak peroleh selama kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan di sekolah dan lingkungan,” pesan walikota.

(Lukman/Diskominfo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top