Connect with us

Relawan Demokrasi KPU Natuna Sosialisasi Pemilu Basis Berkebutuhan Kusus

Natuna

Relawan Demokrasi KPU Natuna Sosialisasi Pemilu Basis Berkebutuhan Kusus

Natuna, SuaraKepri.com – Relawan Demokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna mengelar sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019 Basis Berkebutuhan Khusus bertempat diruang Data Polres Natuna, Sabtu (09/03).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka agar semua Tahanan Polres Natuna tetap memiliki hak pilihnya di Pemilu 2019 dan memilih sesuai dengan hati Nurani masing-masing Individu.

Kabagops Polres Natuna Kompol Elfizar, mengucapkan terimakasih kepada KPU Kab. Natuna yang akan mensosialisasikan Kegiatan Sosialisasi Pemilihan umum Basis Berkebutuhan Khusus Tahanan Polres Natuna.

“Mengharapkan kegiatan ini dapat diperhatikan dan dapat diimplementasikan dengan baik oleh Tahanan Polres Natuna,” ujar Kompol Elfizar.

Elfizar juga berharap Tahanan Polres Natuna dapat berpartisipasi dalam pesta Demokrasi Pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilih nya sebagai Warga Negara Republik Indonesia dengan baik.

Anggota Komisioner KPU Natuna, Sohimin, ST, sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada Kabagops Polres Natuna Kompol Elfizar , Kasat Tahti Polres Natuna Pihak Kejaksaan Negeri Ranai dan Tahanan Polres Natuna yang telah bersedia hadir dalam kegiatan Sosialisasi Pemilihan umum Tahun 2019.

Sohimin menuturkan bahwa tahanan memiliki Hak pilih dalam pemilu 2019 walaupun bersetatus sebagai tahanan akan tetap memiliki hak pilih.

“Syarat mutlak untuk memilih dalam Pemilu 2019 yang berstatus Tahanan Polres Natuna harus Memiliki Kartu Keluarga ( KK ) dan KTP Elektronik sesuai dengan DPT asal dengan sistem yang telah ada,” tutur Sohimin.

Sohimin juga memaparkan tata cara pencoplosan kertas suara Pilpres dan Pileg.

“Didalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan di berikan 5 (Lima) lembar kertas suara untuk dicoblos dengan warna kertas suara yang berbeda di antaranya Kertas suara warna Hijau digunakan untuk memilih DPRD Kab / Kota untuk Kab. Natuna Sendiri memiliki Dapil 3 ( Tiga ) Pemilihan,” jelasnya.

“Kertas suara warna Biru digunakan untuk memilih DPRD Provinsi. Kertas suara warna Merah digunakan untuk memilih DPD RI. Kertas Suara warna Kuning digunakan untuk memilih DPR RI. Kertas Suara warna Abu-abu digunakan untuk memilih Presiden dam wakil Presiden,” tambahnya Sohimin.

Kegiatan yang berlangsung pukul 09 WIB di hadiri Kasat Tahti Polres Natuna Ipda Khairul, perwakilan Kejaksaan Negeri Ranai dan di ikuti 26 Orang Tahanan Rutan Polres Natuna yang terdiri dari 23 Tahanan Laki-laki dan 3 Orang Tahanan Perempuan.

Acara sosialisasi saat berlangsung.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top