Connect with us

Rencana Uber Hadirkan Pelayanan Taksi Udara Pada 2023

Tekno

Rencana Uber Hadirkan Pelayanan Taksi Udara Pada 2023

SuaraKepri.com – Rencana ambisius Uber untuk menghadirkan taksi udara ternyata bukan hanya sekadar wacana. Baru-baru ini dikabarkan Uber telah mendapatkan sokongan dana dari sebuah start up tertutup. Perusahaan penyedia jasa transportasi online ini mengatakan akan bergabung dengan Joby Aviation, sebuah perusahaan start up di bidang pengembangan transportasi udara yang telah bekerja mengembangkan pesawat dengan tenaga listrik selama lebih dari satu dekade. Joby juga telah berkomitmen untuk membantu merealisasikan rencana Uber tersebut pada tahun 2023.

Joby adalah sebuah perusahaan start up yang didirikan oleh JoeBen Bevirt pada tahun 2009. Joby mengembangkan prototype taksi pesawat bertenaga listrik dengan dana yang diperoleh dari berbagai perusahaan beberapa di antaranya, seperti Intel, Toyota dan JetBlue. Prototype pesawat ini sendiri telah diuji coba di lapangan privat miliki Joby di sebelah utara California.

Uber mengatakan telah menandatangani kontrak untuk bekerja sama dengan Joby dalam peluncuran taksi udara yang cepat, dapat diandalkan, terjangkau dan lebih ramah lingkungan untuk target pasar yang telah ditetapkan. Namun hingga saat ini, baik pihak Uber maupun Joby belum ada yang mempublikasikan perjanjian seperti apa yang dilakukan dan apakah terdapat pertukaran uang yang terjadi.

Dalam kerjasama ini, kedua belah pihak telah menentukan peran masing-masing pihak. Joby akan menyediakan dan mengoperasikan taksi udara berenergi listrik. Sedangkan Uber akan menyediakan bantuan Air Traffic Control atau pengendali lalu lintas udara, konstruksi untuk pendaratan, menghubungkan dengan transportasi darat dan menyediakan layanan online bagi pelanggan yang membutuhkan transportasi udara yang cepat.

Selain bekerja sama dengan Joby, Uber juga telah menyebutkan beberapa nama perusahaan penerbangan yang akan turut bergabung dalam pengembangan prototype pesawat yang akan menjadi bagian pelayanan jasa taksi udara, yakni Jaunt, Embrael, Pipistrel, Karem Aircraft, Aurora Flight Sciences dan Bell.

Bevirt, selaku CEO dari Joby Aviation mengatakan bahwa taksi udara akan memudahkan orang untuk sampai di tempat tujuan mereka lima kali lebih cepat daripada menyetir kendaraan, mengurangi kemacetan dan mempercepat perpindahan pilihan transportasi kepada yang lebih ramah lingkungan.

Sumber : Theverge.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tekno

To Top