Connect with us

SuaraKepri.com

Roni Kurniawan Sebut PT. CPM Lakukan Aktifitas Ilegal, Masyarkat Pekajang Angkat Suara

Lingga

Roni Kurniawan Sebut PT. CPM Lakukan Aktifitas Ilegal, Masyarkat Pekajang Angkat Suara

Lingga, SuaraKepri.com – Terkait Diduga PT. CPM melakukan aktifitas penambangan timah ilegal di Perairan Pulau Pekajang, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, dibantah oleh tokoh masyarakat Pulau Pekajang Majid (67), Senin (28/09/20).

Menurutnya apa yang dilontarkan oleh Ketua Komisi 1 DPRD Lingga Roni Kurniawan tidak benar, sebab selama ini jelas dia PT. CPM sudah cukup memberikan kontribusi bagi masyarakat di sana.

“Kehadiran perusahaan tambang timah laut PT. CPM itu sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pekajang. Bahkan banyak sudah yang di berikan pihak PT. CPM untuk masyarakat dan masyarakat menikmatinya,” kata Majid yang juga mantan pekerja PT RITIN (Rau Tin Mining).

Sebelumnya Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Lingga, Roni Kurniawan menyebut PT. CPM sudah melakukan perampokan biji timah diperairan Pekajang, bahkan ia pertambangan tersebut tidak di lengkapi dokumen sah dari PTSP Provinsi Kepri.

“Berdasarkan informasi dari Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Kepri, saat kami melakukan kunjungan kerja. PT CPM belum melakukan kegiatan namun faktanya, perusahaan tersebut telah melakukan penambangan, bahkan telah membawa keluar hasil timah yang ditambang ke luar daerah,” kata Roni Kurniawan saat dikonfirmasih awak media beberapa waktu lalu.


Tidak hanya Majid, Zulhiduwan Sekdes Pekajang juga ikut bersuara, ia menjelaskan jika selama ini PT. CPM sudah sangat membantu masyarakat tempatan, bahkan ucapnya disaat ada salah seorang masyarakat yang mengalami sakit, PT. CPM dengan sigap membantu.

“Ada beberapa yang sudah di nikmati masyarakat sejak kehadiran PT CPM, seperti mudahnya transportasi laut bagi masyarakat, baik yang di butuhkan secara dadakan bahkan, saat ada warga yang sakit mendadak atau pun warga yang mau bepergian ke ibukota kecamatan, itu dilayani pihak perusahaan tampa di pungut biaya,” ucapnya.


Ia menambahkan kalau selama ini kehadiran PT. CPM sering memberikan perhatian kepada masyarakat, salah satu dengan memberikan bantuan pemasangan meteran kwh listrik bagi 133 rumah.

“Dalam waktu dekat ini juga, masyarakat juga akan mendapat pembagian alat tangkap nelayan (bubu) ini sesuai keinginan masyarakat yang bekerja sebagai nelayan. Intinya kehadiran PT. CPM sangat membantu masyarakat dan menambah meringankan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain bantuan bubu dan kwh, PT. CPM menurut dia juga memberikan hak hak masyarakat berdasarkan perjanjian awal.

“Masyarakat mendapat konvensasi bagi hasil dari hasil tambang PT. CPM dan hasil ini di bagi rata sesuai KK yang ada. selama ini setiap keinginan yang di ajukan masyarakat itu tetap terpenuhi oleh pihak PT. CPM. bahkan pihak perusahaan juga memperhatikan masyarakat pada setiap moment tertentu, intinya kami merasa terbantukan sejak kehadiran PT. CPM di desa kami,” tambah Iwan.

Dengan pernyataan Ketua Komisi 1 DPRD Lingga Roni Kurniawan tersebut beberapa waktu lalu, ia menganggap apa yang disampaikan terkait laporan masyarakat Pekajang tentang aktifitas PT. CPM beberapa waktu lalu sangat tidak mendasar, karna fakta nya nelayan di Pulau Pekajang merupakan nelayan bubu.

“Masyarakat nelayan di desa kami hanya nelayan bubu dan pancing saja, tidak ada nelayan jaring tebar. jadi kehadiran PT. CPM sama sekali tidak menganggu aktifitas nelayan kami, bahkan dalam waktu dekat ini pihak PT. CPM akan membagikan alat tangkap berupa bubu kepada para nelayan. hal ini sesuai dengan ajuan permintaan dari masyarakat,” sebutnya
Lanjut dia, dengan adanya pernyataan Ketua Komisi 1 DPRD Lingga, ia bersama masyarakat lainnya sudah membuat surat pernyataan menolak dengan apa yang telah di ucapakan wakil rakyat itu bahkan menurut dia surat itu sudah di tanda tangani semua perangkat desa seperti kades, BPD, RT dan berikut bunyi surat itu.

“Pernyataan dari masyarakat Desa Pekajang.
Kami atas nama pemerintah desa pekajang.
Mengkleim atas tuduhan perampokan pasir timah di perairan Desa Pekajang, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. yang dituduh ke PT CPM,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top