Connect with us

Sadar Bahaya ISPA Staf Puskesmas Lanjut Lingga Bagikan Ratusan Masker

Lingga

Sadar Bahaya ISPA Staf Puskesmas Lanjut Lingga Bagikan Ratusan Masker

Lingga, SuaraKepri.com – Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, membagikan ratusan masker untuk pengendara yang melintasi jalur laju Desa Lanjut. Sore hari kemarin.

Salah satu Staf kesehatan Puskesmas Lanjut Arib Hidayat mengatakan kegiatan bagi-bagi masker itu, merupakan bentuk keprihatinan mereka terhadap kualitas udara yang semakin memburuk, yang disebabkan oleh kabut asap (jerubu).

“Hari ini kita sangat merasakan sekali kalau asap sudah mulai pekat dan tidak sehat, kan berbahaya kalau jerebu lama-lama, aktivitas pun terganggu,” kata Arib kepada Suarakepri.com, Kamis (19/09/19).

Lanjut dia, pembagian masker ini akan kembali dilakukan beberapi hari kedepan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak dari kabut asap (jerebu) yang semakin menghantui, dan agar masyarakat tidak terkena ISPA atau sakit pernapansa lainnya.

“Jerubu sangat merugikan masyarakat terutama di bagi kesehatan tubuh manusia, kalau asap ini terus menurus di hirub maka sangat berdampak fatal untuk paru-paru,” jelas dia.

Diukur menggunakan Mini Particle Counter, terlihat berada di angka 288 yang tergolong dalam kategori sangat tidak sehat. Pristiwa ini pula yang coba diungkapkan Arib, menurut dia kabut asap memang sangat tebal, hal itu ditandai dengan tidak terlihatnya lagi Gunung Daik dari kejauhan.

“Disni sudah kabut betol, khusus Singkep Pesisir, Daik saja tidak terlihat dari sini biasa terlihat, apalagi tadi ada supir PKM Lanjut yang sesak napas, tapi karna langsung ditangani alhamdulilah sekarang masih sehat, cuma itu sudah mulai sesak semejak kabut asap itu ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Dia berharap kepada masyarakat Kabupaten Lingga, khususnya Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, untuk mengurangin beraktivitas diluar rumah, agar terhidar dari penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA).

“Harapan kami untuk masyarakat kalau bepergian keluar di himbau untuk memakai masker. Dan untuk pemerintah agar bisa menanggulangi secepatnya dampak Karhutla ini, agar tidak ada korban yang berjatuhan,” harap dia.

Penulis : Febrian S.r.

Continue Reading
Advertisement
Baca juga berita berikut...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top