Connect with us

Samudera Aksara, Ajang Kreatifitas Masyarakat

Tanjungpinang

Samudera Aksara, Ajang Kreatifitas Masyarakat

Tanjungpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Pekan Aksi Ekonomi Kreatif yang bertajuk Festival Samudera Aksara merupakan pameran dan pertunjukan penutup rangkaian kegiatan Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON). Kegiata tersebut dilaksanakan di Laman Boenda Tepi Laut Tanjungpinang. Jumat (8/11) sore.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd mengatakan dalam sambutannya bahwa Festival Samudera Aksara ini merupakan perayaan dari sebuah proses kolaborasi dan kerja keras para kolaborator perilaku kreatif Kota Tanjungpinang bersama tim Ikkon Bekraf dengan mengirimkan para pelaku kreatif muda terbaik Indonesia untuk tinggal dan berkolaborasi dengan perilaku kreatif tempatan dengan mengangkat budaya tradisi di Kota Tanjungpinang.

“Tentunya program ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para pengrajin dan desainer berkreasi bersama, untuk menciptakan berbagai produk yang bernafas keragaman budaya Kota Tanjungpinang,” ujar Syahrul.

Dalam pelaksanaannya para peserta program Ikkon dan masyarakat tempatan dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara berkelanjutan.

“Saya sangat antusias dengan program pendampingan ini dan terus mengikuti perkembangannya dari awal, mulai dari proses pemetaan potensi daerah, hingga pemilihan tema-tema produk yang akan di angkat, saya juga sangat mengapresiasi tim Ikkon yang ditempatkan di Tanjungpinang, meskipun masih muda dan memiliki prestasi yang mumpuni, tapi memiliki perilaku yang membumi, sehingga mampu berkolaborasi dengan pelaku kreatif ragam usia yang berbeda-beda di Kota Tanjungpinang,” tambah Syhrul.

Syahrul juga mengatakan semoga dengan terlaksananya Festival Samudera Aksara ini akan memperkuat hubungan kemitraan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Drs. Surjadi, MT menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan Pekan Aksi Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang yang bertajuk Samudera Aksara ini merupakan pameran dan pertunjukan penutup rangkaian kegiatan Inovasi dan kreatif melalui kolaborasi Nusantara (IKKON) dan akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai pada 8-10 November 2019.

“Jumlah stand yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 32 stand yang terdiri dari stand produk Ikkon Kota Tanjungpinang, Stand Dekranasda, Stand UMRAH, Stand Rutan Kelas I, Stand BPNB, Stand Pengrajin Tanjungpinang, Stand Fashion Rumah Tanjak dan Thera Match, Stand Kuliner rumahan, Dapoer Melayu, Komunitas Film, Komunitas Barista, Barbershop, dan Komunitas Bonsai serta Rumah baca Penyengat,” ungkap Surjadi.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Pameran fashion show, Live music, Stand Up Comedy, Lomba flashmob, serta launching software dan aplikasi.
Acara dihadiri juga oleh FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariah Syahrul, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kepala OPD serta Perwakilan dari Ikkon Bekraf Kementrian Pariwisata. (Andi/Humas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top