Connect with us

Situasi Terkini di ZEEI, Ini Penjelasan Pangkogabwilhan I

Natuna

Situasi Terkini di ZEEI, Ini Penjelasan Pangkogabwilhan I

Natuna, suarakepri.com – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengelar konferensi pers terkait situasi di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI), minggu di Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sadjad, Ranai Natuna.

Dijelaskannya bahwa hasil patroli udara maritim yang dilaksanakan hari ini Kapal China sudah keluar dari ZEEI.

“Perlu saya sampaikan kembali dengan adanya berita yang simpang siur di media. Bahwasanya hasil patroli udara maritim yang baru dilaksanakan sore tadi pukul 14 dan ini ada komandan KRI yang kemarin setelah menghalau kapal kapal Cina yang beroperasi di ZEE Indonesia. Posisi pada sore hari ini sudah keluar ZEE,” Jelasnya.

Jadi sudah 200 MIL dari garis pangkal di Ranai ini.

“Posisi semuanya sudah keluar dari ZEE, jadi jangan sampai nanti berita-berita ini menjadi simpang siur kembali,” tambahnya.

Margono menjelaskan bahwasanya yang bisa mendeteksi dan melihat secara real keadaan di ZEE Indonesia adalah Kogabwilham I melalui Pesawat Boeing 737 dan langsung KRI yang beroperasi menghalau dan mengusir kapal kapal itu keluar ZEEI.

“Jadi tidak ada sumber-sumber lain, sumber yang paling akurat adalah dari kita semuanya dari hasil deteksi KRI yang langsung mengusir dan juga dari deteksi pesawat Boeing yang kita laksanakan untuk patroli udara maritim,” tegasnya.

Saat ini ada 7 KRI secara rutin bergantian menjaga wilayah ZEE, kemudian di tambah Pesawat Boeing dan CN-235 TNI AL

“Jadi 7 KRI ini sudah kita atur akan melaksanakan operasi rutin selama 24 jam, 3 atau 4 kapal kita atur setiap hari harus ada unsur-unsur yang menjaga ZEE supaya mereka tidak masuk kembali,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top