Connect with us

Susi Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa Natuna

Natuna

Susi Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa Natuna

Natuna, suarakepri.com – Menteri Kelautan Perikanan Republik Indonesia (KP-RI) meresmikan operasional Sentra Kelautan Dan Perikanan Terpadu SKPT selat lampa Natuna, Senin (07/10).

Selain meresmikan operasional SKPT, juga di laksanakan penengelaman Kapal Ilegal Fishing (KIA) dan melepas Ekspor Perdana Gurita dengan tujuan Negara Jepang

Menteri KP, Susi Pudjiastuti menjelaskan pembangunan SKPT Selat Lampa sudah mendekati 100 Persen. Saat ini, belum bisa dinyatakan rampung 100 Persen, karena masih banyak tugas yang perlu di benahi.

“Dinyatakan 100 persen, jika SKPT Natuna sudah memberikan manfaat besar bagi nelayan dan masyarakat Natuna,” jelasnya.

Dijelaskannya lagi bahwa, di dalam SKPT itu ada development economy yang banyak melibatkan berbagai pihak.

Menurutnya, dengan membangun SKPT ini merupakan cara yang strategis dan efisien untuk meningkatkan ekonomi perikanan di Indonesia yang merupakan tugas saya sebagai Menteri KKP.

“Tugas kita adalah fasilitas SKPT ini menjadi hidup dan dimanfaatkan sebaik-sebaiknya, oleh karena itu perlu didukung oleh stakeholder terkait terutama Bupati Natuna yang memimpin pemerintahan di Natuna,” tambahnya.

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti saat melepas ekspor perdana

Menteri Susi berharap komitmen dari pemerintah daerah untuk ikut menghidupkan SKPT ini dengan berbagai aktivitas seperti pelelangan dan pemungutan retribusi dari kapal penangkap ikan.

“Hasil retribusi kan menjadi PAD daerah,” jelasnya.

Bupati Natuna, H. Abdul Hamid Rizal berharap dengan diresmikannya operasional SKPT Natuna akan menambah pendapatan nelayan, meningkatkan kesejahteraan nelayan khususnya dan masyarakat Natuna pada umumnya.

Dijelaskan Hamid, Pertumbuhan ekonomi Natuna dengan adanya SKPT ini jauh lebih meningkat, yang mulanya sebesar 3,5% pada 2016, kini meningkat menjadi 5,8% pada 2019 ini.

Bersama Bupati Natuna, Hamid Rizal dan tamu undangan

“Kami berharap ke depan pertumbuhan ekonomi di Natuna jauh lebih tinggi lagi dan kami dari Pemkab Natuna sangat berterimakasih sekali pada Ibu Menteri yang penuh perhatian dan juga memberikan santunan bagi keluarga masyarakat nelayan Natuna,” ucap Hamid.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan Penyerahan bantuan dari KKP dan CSR BUMN, Penyerahan SIUP/SIPI/SIKPI kepada pelaku usaha WPP 711. Kemudian Penandatangan berita acara penenggelaman Kapal Ikan Asing Asal China dan penyerahan berita acara dari Kejari Natuna kepada Satgas 115.

tampak hadir pada acara peresmian SKPT diantaranya Nilanto Perbowo (Sekjend KKP RI), Irjen Pol. Zulkarnain (Kakorpolairud Baharkam Polri), Raja Ariza (Asisten I Pemprov Kepri), Vegard Kaale (Dubes Norwegia), Andes Putra (Ketua DPRD Kab. Natuna), Juli Isnur Boy (Kepala Kejaksaan Negeri Natuna), Kolonel (P) Harry Setiawan (Danlanal Ranai), AKBP Nugroho Dwi Karyanto (Kapolres Natuna), Letkol Czi Ferry Kriswardhana (Dandim 0318/Natuna), Satgas 115, Eselon I KKP RI, FKPD dan OPD Kab. Natuna, masyarakat dan nelayan Kab. Natuna.

Laporan : M. ROZALI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Natuna

To Top