Connect with us

SuaraKepri.com

Tolak TKA Tiongkok Masuk ke Kepri, Zuhardi : Pemprov Pikirkan Tenaga Kerja Lokal

Lingga

Tolak TKA Tiongkok Masuk ke Kepri, Zuhardi : Pemprov Pikirkan Tenaga Kerja Lokal

Lingga, SuaraKepri.com – Ketua Himpunan Melayu Raya (Hi-melaya) Koordinator Wilayah (Korwil) Lingga, Zuhardi meminta pemerintah menolak masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok masuk ke Bumi Bunda Tanah Melayu khususnya Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) ditengah pandemi Covid-19.

“Saya mendesak kepada Pemerintah Provinsi untuk menolak masuknya TKA asal Tiongkok  di kota Tanjungpinang ditengah pandemi ini, dengan alasan apa pun juga. Pasalnya, penyebaran Covid-19 masih saja meningkat. Tidak hanya melalui local transmission, tetapi juga imported case,” kata Juai sapaan akrabnya dengan tegas, Sabtu (08/08/2020).

Menurut Juai, hal itu tidak patut dilakukan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pertama, karena berpotensi membawa virus corona baru. Kedua, tidak elok mendatangkan TKA asing ketika banyak masyarakat setempat yang dirumahkan lantaran perusahaannya terdampak virus corona. Berpotensi menimbulkan gejolak sosial.

“Karena hari ini rakyat diminta untuk tidak keluar rumah, mudik aja nggak boleh serta diminta untuk menjaga dan mencegah penyebaran virus covid-19, tapi kita memasukan tenaga kerja dari luar yang bisa membahayakan tempat kita. Saya kira ini nggak masuk akal, itu kebodohan di atas kebodohan kalau itu dilakukan,” tuturnya.

Ia menegaskan, apabila hal itu terjadi. Maka, ia tak segan-segan untuk memanggil Hi-melaya seKabupaten/Kota di Kepulauan Riau untuk membuat aksi penolakan.

“Karena ini untuk keselamatan umat ramai di Kepulauan Riau, jangan hanya untuk kepentingan pribadi masyarakat menjadi tertekan,” tegasnya.

Ia meminta, pemerintah Pemprov hendaknya lebih memanfaatkan tenaga kerja lokal, mengingat untuk saat ini ribuan pekerja banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK karyawannya.

“Saya meminta pemerintah mengutamakan masyarakat lokal, terutama para pekerja yang mengalami PHK. Karena saat ini banyak masyarakat dalam kondisi sulit hingga menganggur, pemerintah harus memberi perhatian lebih dengan menyediakan lapangan kerja baru, selama keahlian tenaga lokal masih ada sebaiknya tak perlu mendatangkan TKA Tiongkok,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, diduga sebanyak 300 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok akan masuk di kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau Ditengah Pandemi Covid-19.

(Feb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Lingga

To Top