Connect with us

Usai Pemilu Seperti Tidak Ada Pergerakan, Suparno Tegaskan Dewan Tetap Kerja

Tanjungpinang

Usai Pemilu Seperti Tidak Ada Pergerakan, Suparno Tegaskan Dewan Tetap Kerja

SuaraKepri.com, Tanjungpinang – Usai Pemilihan Umum (Pemilu), anggota DPRD Tanjungpinang seperti tidak melakukan pergerakan di kantor mereka.

Pasalnya, usai Pemilu tidak ada agenda Rapat Paripurna pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), padahal telah masuk bulan Mei atau pertengahan tahun.

Terkait hal ini, Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno saat dihubungi menegaskan bahwa anggota dewan bekerja seperti biasa walaupun tidak terpilih lagi.

Saat ini, semua panitia khusus (Pansus) Ranperda sedang bergerak dan melakukan tugas mereka.

“Tetap bekerja seperti biasa, mungkin tidak nampak karena jauh saja kantor kita. Yang jelas sekarang Pansus sedang melakukan tugas mereka masing-masing agar Ranperda dapat segera di sahkan,” kata Suparno, Minggu (12/5/2019).

Dia mengakui bahwa memang dewan agak sibuk sibuk saat Pemilu kemarin. Hanya saja, usai pencoblosan dewan disebut langsung bekerja kembali membentuk Pansus Ranperda yang ingin disahkan.

“Kita optimis Perda dapat disahkan sesuai target sampai akhir tahun. Ya walaupun kemarin agak keteteran karena Pemilu, kota tetap target 10-11 Perda akan kita sahkan tahun ini,” kata Suparno.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kota Tanjungpinang bersama Pihak Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mendapatkan titik temu dalam membuat rencana peraturan daerah yang dituangkan pada Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Tanjungpinang Tahun 2019, yang kemudian dapat dibuatkan Nota Kesepakatan antara DPRD Kota Tanjungpinang dan Wali kota Tanjungpinang, yang selanjutnya akan dituangkan dalam Keputusan Pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang untuk dilaksanakan pihak-pihak yang berwenang.

Adapun daftar prioritas rancangan peraturan daerah dilingkungan DPRD yang telah disepakati di Badan Pembentukan Peraturan Daerah ada sebanyak 14 Ranperda yang terdiri dari 1 (satu) Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Kota Tanjungpinang Tahun 2019, yaitu Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji di Daerah dan 13 (tiga belas) Ranperda dari Pemerintah Kota Tanjungpinand, terdiri atas;

  1. Ranperda tentang APBD Kota Tanjungpinang Tahun 2020,
  2. Ranperda tentang Pertanggungjawaban APBD Kota Tanjungpinang Tahun 2018,
  3. Ranperda tentang Perubahan APBD Kota Tanjungpinang Tahun 2019,
  4. Ranperda tentang Pengesahan RPJMD Kota Tanjungpinang Tahun 2018-2023,
  5. Ranperda tentang Kawasan Tanpa Rokok,
  6. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda No.7 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua Atas Perda Kota Tanjungpinang No.2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah,
  7. Ranperda tentang Pemakaman Kota Tanjungpinang,
  8. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Kota Tanjungpinang No.1 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan,
  9. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Kota Tanjungpinang No.7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung,
  10. Ranperda tentang Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bestari Kota Tanjungpinang,
  11. Ranperda tentang Perubahan Perda Kota Tanjungpinang No. 4 Tahun 2017 tentang BUMD,
  12. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Kota Tanjungpinang No.11 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah Kota Tanjungpinang,
  13. Ranperda tentang Pemekaran Kecamatan.

Penulis : Bie

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di topik Tanjungpinang

To Top